Kandangan, (Antaranews Kalsel) - Bupati HSS H Achmad Fikry mencanangkan kegiatan besar di Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS), untuk pengolahan lahan lebak yang bertujuan meningkatkan produksi pertanian dan peningkatan perekonomian masyarakat.

Pada acara yang dilaksanakan di  Banua Hanyar, Rabu , Bupati berharap, seluruh masyarakat bisa terlibat dan bekerja sama untuk menyukseskan program tersebut.

"Semoga kedatangan Menteri Pertanian  RI  H Andi Amran Sulaiman ke banua kita, bisa memacu kita untuk memanfaatkan lahan yang ada, sehingga HSS bisa berkontribusi untuk produksi dan aset bagi Indonesia,"katanya.

Ia melaporkan, di HSS telah surplus beras, serta ada beberapa wilayah yang sudah bisa melaksanakan tiga kali tanam dan tiga kali panen dalam setahun.

Mentan RI Andi Amran Sulaiman, mengatakan, pihaknya melakukan kunjungan kerja ke daerah-daerah, untuk membangunkan lahan basah surut dan tadah hujan yang hampir 10 juta hektare di tanah air.

Menurut dia, ditahap awal pada 2018, pihak dia akan membangunnya di Kalimantan seluas 500 ribu hektare, Kalimantan Tengah 300 ribu hektare dan Sumatera Selatan 500 ribu hektare.

"Kita akan dorong tiga wilayah tersebut, dengan alat-alat pertanian, sehingga hasil produksi pertanian terus meningkat,"katanya, saat memberikan sambutan dalam dialog bersama Bupati HSS usai pelaksanan syukuran panen padi lahan lebak..

Ia juga meminta kepada pihak Bank Kalsel untuk mendukung kegiatan pertanian di Kabupaten HSS, sehingga bisa lebih maju dan berkembang.

Sementara itu, Pimpinan Bank Kalsel Cabang Kandangan Andhy Andriyawan,  mengatakan, Bank Kalsel akan fokus sesuai dengan keinginan menteri, terutama dalam program Kredit Usaha Rakyat (KUR).

Menurut dia, KUR yang disalurkan di bidang pertanian dan perkebunan, seperti bantaun pada musim tanam, penyedian pupuk melalui koperasi.

Adapun dalam penyaluran pupuk tersebut, nantinya agar diawasi oleh Dinas Pertanian HSS  sehingga program dapat berjalan sesuai dengan harapan.

Turut hadir, Kepala Dinas Pertanian (Distan) Provinsi Kalimantan Selatan H Fathurrahman, Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkompinda) HSS, Jajaran dari BPTP Kalimantan Selatan dan Balitra, Kepala Distan HSS Fathurrahman beserta para pejabat terkait.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Fathurrahman


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2017