Banjarbaru, (Antaranews Kalsel) - Ketua Panitia Pengawas Pemilihan Umum Kota Banjarbaru, Kalimantan Selatan, Ahmad Jajuli mengatakan panitia pengawas kecamatan membantu Komisi Pemilihan Umum melakukan verifikasi faktual dukungan partai politik.

"Panwas kecamatan kami minta langsung bekerja ikut membantu KPU melakukan verifikasi faktual berkas partai politik sehingga berjalan baik dan lancar," katanya di Banjarbaru, Minggu.

Ia mengatakan, pihaknya sudah melantik 15 anggota panwas kecamatan pada Jumat (10/11) yang menjalankan tugas pengawasan masing-masing tiga orang dari lima kecamatan di kota itu.

Informasi yang diterima dari KPU, menurut dia, cukup banyak temuan berkas dukungan ganda pemilih terhadap parpol sehingga verifikasi harus benar-benar cermat dan akurat.

"Kami mendapat informasi cukup banyak pemilih ganda yang diajukan parpol sebagai pendukungnya sehingga anggota panwas kecamatan harus ikut membantu KPU," katanya.

Ia mengatakan, dukungan ganda yang diajukan parpol bisa menggugurkan syarat verifikasi faktual sehingga harus diperbaiki parpol bersangkutan agar bisa menjadi peserta pemilu legislatif.

"Tugas panwas kecamatan cukup berat untuk menemukan dukungan ganda itu sehingga kami meminta mereka harus berkoordinasi dengan pihak terkait agar semua tidak bermasalah," kata dia.

Sebelumnya usai pelantikan, Ketua Bawaslu Kalsel Iwan Setiawan meminta seluruh anggota panwas kecamatan menjalankan tugas sebaik-baiknya dan bekerja sama dengan pihak terkait lain.

"Anggota panwas harus menjaga independensi, jangan berpihak dengan salah satu partai atau golongan. Setiap tindakan hendaknya selalu berkoordinasi dengan pihak terkait," ujarnya.

Sementara Wali Kota mengharapkan anggota panwas kecamatan hendaknya mengedepankan integritas dan moralitas dalam menjalankan tugas apalagi seluruh masyarakat sudah bisa bersikap kritis.

"Masyarakat sudah berpikir kritis dan tingkat kesadaran mereka mengikuti tahapan pemilu tinggi sehingga harus diimbangi kemampuan panwas dalam menyikapinya," kata dia.

Pewarta: Yose Rizal

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2017