Banjarbaru, (Antaranews Kalsel) - Ketua Panitia Pengawas Pemilihan Umum Kota Banjarbaru Ahmad Jajuli melantik dan mengambil sumpah 15 panitia pemilihan umum kecamatan yang akan bertugas pada lima kecamatan di kota itu.

"Sejak hari ini, kalian resmi dilantik dan menjalankan tugas pengawasan pemilihan umum di kecamatan," ujar Jajuli usia mengambil sumpah di Aula Gawi Sabarataan Banjarbaru, Jumat.

Pelantikan panwaslu kecamatan dihadiri Ketua Bawaslu Kalsel Iwan S, Wali Kota Nadjmi Adhani, anggota Forkopimda Banjarbaru, pejabat Pemkot Banjarbaru dan camat serta undangan lainnya.

Menurut Jajuli, setiap kecamatan terdiri dari tiga panitia pengawas pemilu dan diharapkan bisa langsung bekerja menjalankan tugasnya mengawasi proses dan tahapan pemilu.

"Sekarang masih tahapan verifikasi faktual partai politik yang dilakukan KPU sehingga panwas kecamatan diminta pro aktif membantu dan mengawasi proses verifikasi," pesannya.

Ditekankan, tugas pengawasan tidak mudah sehingga anggota panwas selalu dituntut bekerja sesuai kemampuan dan keahliannya menjalin koordinasi dengan pihak-pihak terkait.

"Tugas panwas kecamatan tidak mudah, perlu kemampuan dan keahlian tapi itu semua akan terasa ringan jika kita saling bekerja sama dan koordinasi dengan pihak terkait," ungkapnya.

Ketua Bawaslu Kalsel Iwan Setiawan juga meminta seluruh anggota panwas kecamatan menjalankan tugas sebaik-baiknya dan bekerja sama dengan pihak terkait lainnya.

"Anggota panwas harus menjaga independensi, jangan berpihak dengan salah satu partai atau golongan. Setiap tindakan hendaknya selalu berkoordinasi dengan pihak terkait," ujarnya.

Sementara Wali Kota mengharapkan, anggota panwas kecamatan hendaknya mengedepankan integritas dan moralitas dalam menjalankan tugas apalagi seluruh masyarakat sudah bisa bersikap kritis.

"Masyarakat sudah berpikir kritis dan tingkat kesadaran mereka mengikuti tahapan pemilu tinggi sehingga harus diimbangi kemampuan panwas dalam menyikapinya," kata dia.

Dikatakan, pihaknya siap memfasilitasi sarana yang dibutuhkan panwas berupa bangunan sekretariat dan rencananya menempati sebagian eks rumah sakit atau eks gedung KONI

Pewarta: Yose Rizal

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2017