Sebanyak 20 orang anak jalanan (Anjal) yang dibina Dinas Sosial dan Tenaga Kerja Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan, diikutkan pelatihan dan pendidikan ke Jakarta.

 Ke-20 anak jalanan itu mengikuti pelatihan dan pendidikan di Pusat Pengembangan Pelayanan Sosial Anak di Bambu Apus, Jakarta Timur, selama setahun, kata Kepala Bagian Humas Pemerintah Kota Banjarmasin, Kurnadiansyah di balaikota, Selasa.

Pemberangkatan anak jalanan Kota Banjarmasin ke Jakarta merupakan yang kedua kali, karena sebelumnya tahun 2011 juga diberangkatkan sebanyak 20 orang pula, tambahnya.

Mengutip keterangan Kepala Kantor Dinas Sosial dan Tenaga Kerja setempat, Agus Surono, Kurnadiansyah menyebutkan, program pengiriman anak jalanan tersebut adalah program Kementerian Sosial dan Tenaga Kerja.

Sebenarnya anak jalanan yang diberikan fasilitas pendidikan dan latihan ini tadinya hanyalah anak jalan se-Jabotabek, tetapi oleh Kementerian Sosial dan Dinas Tenaga Kerja Banjarmasin juga diberikan kesempatan.

Wali Kota Banjarmasin, Haji Muhidin menurut Kurnadiansyah meminta anak jalanan dari kota ini untuk tekun mengikuti setiap pelatihan dan pendidikan,karena kesempatan ini adalah langka.

Bidang yang didalami dalam kegiatan tersebut antara lain, pelayanan rehabilitasi sosial, konseling dan bimbingan, serta pelayanan sosialisasi kejar paket A, dan kejar paket B.

Kesempatan semacam itu harus dimanfaatkan maksimal, terutama untuk menggali kemampuan potensi dan kelebihan diri sendiri, sehingga bisa dimanfaatkan baik bagi diri sendiri maupun masyarakat sepulangnya dari pelatihan, pinta wali kota./D/ D

Pewarta:

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2012