Tanjung, Antaranews Kalsel - Kepala Bidang Pengendalian Pemberantasan Penyakit Dinas Kesehatan Kabupaten Tabalong, Kalimantan Selatan, Akhmad Rivai mengatakan tahun ini sasaran eliminasi penyakit kaki gajah sebanyak 230.726 jiwa.    

"Dari 241.144 warga Tabalong sasaran untuk program eliminasi penyakit kaki gajah tahun ini sebanyak 230.726 jiwa," jelas Rivai di Tanjung, Rabu.     

Warga yang menjadi sasaran eliminasi penyakit yang disebabkan cacing filaria ini diberikan obat Albendazole dan kombinasi DEC dari usia dua tahun sampai 14 tahun hingga lebih dari 15 tahun.    

Dari 230.726 jiwa yang menjadi sasaran program eliminasi penyakit kaki gajah sebanyak 474 orang dari kalangan pelajar.  

Rivai menambahkan tahun ini tercatat sebanyak 1.435 orang di 'Bumi Saraba Kawa' ini positif terkena filiriasis berdasarkan hasil pemeriksaan darah.       

Sementara itu pemberian obat gratis pencegahan kaki gajah merupakan bantuan dari  Kementerian Kesehatan berupa obat Albendazole sebanyak 200.171 butir dan DEC 58.194.      

"Kami juga menghimbau masyarakat untuk aktif memeriksakan diri ke puskesmas untuk memastikan darahnya tidak mengandung cacing filaria," ungkap Rivai.      

Tahun sebelumnya sasaran program eliminasi  penyakit kaki gajah sebanyak 208.526 jiwa dengan empat penderita positif filaria ditemukan di Desa Pulau Ku'u dan Desa Warukin Kecamatan Tanta./f

Pewarta: Herlina Lasmianti

Editor : Asmuni Kadri


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2017