Kandangan, (Antaranews Kalsel) - Warga Desa Tumingki, Kecamatan Loksado, Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) mengharapkan listrik Perusahaan Listrik Negara (PLN) masuk ke desa mereka, keinginan ini disampaikan langsung kepada Bupati HSS H Achmad Fikry.

Dai Desa Terpencil Tumingki Jamjuri, di Lumpangi, mengatakan, rasa bangga dan gembira atas kedatangan bupati dan rombongan mengunjungi desa mereka untuk bersilaturrahmi dengan masyarakat dan jamaah Majelis Manakib Sayyidah Khadijah Al-Kubra.

"Kami mengharapkan pembangunan jalan atau penyambungan jalan, permohonan listrik PLN langsung karena saat ini masih menggunakan listrik tenaga surya, serta permintaan pembangunan Poskesdes (Pos Kesehatan Desa),"katanya.

H Achmad Fikry, mengatakan, ada beberapa titik jalan yang kondisinya perlu ditingkatkan akan segera dilihat oleh Dinas Pekerjaan Umum (PU).

Dijelaskan dia, untuk pembangunan Poskesdes, ia meminta warga untuk menyiapkan lokasi atau tanah untuk pembangunan fisiknya sehingga nantinya memudahkan pelayanan kesehatan masyarakat setempat.

Sedangkan untuk listrik dari PLN,  diinformasikan dia masih dalam proses, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) HSS sudah mengirim surat ke PLN di Banjarbaru

"Dalam surat tersebut kami jelaskan  bahwa Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) di Desa Tuminggi tidak maksimal, untuk  melayani masyarakat sehingga perlu jaringan PLN langsung,"katanya, saat menyampaikan sambutan dalan silaturrahmi bersama warga dan jamaah Majelis Manakib Sayyidah Khadijah Al-Kubra, di Mesjid Istiqlal Tumingki, Selasa (31/10)..

Untuk menuju Desa Tumingki, Bupati HSS dan rombongan harus dibonceng dengan sepeda motor untuk melewati jalan desa yang sudah dicor semen.

Adapun kegiatan di Majelis yang dikunjungi antara lain menggelar pembacaan manaqib Sayyidah Khadijah Al-Kubra yang dilaksanakan tiap tanggal 11 di bulan hijriah secara bergantian dilanggar maupun di masjid.

Tujuan diadakan majelis,  agar semua warga bisa meniru akhlak Ummul Mukminin Khadijah RA, Bupati berharap kegiatan-kegiatan keagamaan di tempat ibadah selalu semarak dan selalu diisi dengan shalat berjamaah.

Bupati HSS memberikan bantuan untuk Masjid Istiqlal, langgar dan Majelis Majelis Manakib Sayyidah Khadijah Al-Kubra dan turut dihadiri  para kepala SKPD HSS, camat, dan diisi dengan tausiyah oleh Ustadz Zaki Mubarok dari Kandangan.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Fathurrahman


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2017