Banjarmasin,  (Antaranews Kalsel) - Delegasi sanitasi se-Indonesia peserta workshop sanitasi Kementerian Pekerjaan Umum dan Pemukiman Rakyat RI di Banjarmasin, mengunjungi Perusahan Daerah Pengolahan Air Limbah (PD-PAL) Kota Banjarmasin.

Kepala Seksi Kelembagaan Direktorat Pengembangan dan Penyehatan Lingkunvan Pemukiman KemenPUPR RI Meinar Manurung di Banjarmasin Jumat, mengatakan ada sebanyak 37 delegasi se-Indonesia yang mengikuti kunjungan ke PD-PAL Kota Banjarmasin.

Menurut dia, PD-PAL patut dicontoh daerah lain karena berhasil melakukan pengolahan air limbah domistik secara terpusat.

"Coba saja daerah-daerah lain mau mencontoh, seperti PD-PAL Banjarmasin ini mampu bertahan dan terus berkembang dengan jumlah layanan yang membaik," ujar Meinar Manurung.

Dia berharap, para delegasi dari berbagai daerah di Indonesia ini bisa mengadopsi sistem pengolahan air limbah yang terpusat seperti yang telah dilakukan PD-PAL milik Pemkot Banjarmasin ini.

"Paling tidak para peserta��workshop sanitasi ini termotivasi untuk melakukan pengolahan air limbah di wilayah mereka masing-masing," papar Meinar Manurung.

Direktur PD-PAL Banjarmasin H Rahmatullah SE mengatakan, dengan kunjungan delegasi kabupaten/kota se-Indonesia ini pihaknya terus berusaha melakukan sharing pengalaman dan kendala yang selama ini telah dilakukan dalam pengolahan air limbah yang sudah dua tahun tak mendapatkan penyertaan modal dari Pemerintah Daerah.

Kemudian, lanjut dia, dengan kunjungan ini diharapkan mampu menularkan semangat mengelola limbah perkotaan ini harus dilakukan dengan kontiyu, tetap terjaga dan konsisten.

Karena, kata dia, dalam melakukan pekerjaan di PD-PAL ini dituntut bisa melakukan semangat tinggi berjuang dan iklas bekerjanya sehingga bisa memberikan pelayanan yang baik kepada masyarakat.

Pewarta: Sukarli

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2017