Kandangan, (Antaranews Kalsel) - Bupati Hulu Sungai Selatan (HSS) H Achmad Fikry menyerahkan beberapa bantuan sosial  di tiga  kecamatan Daha Barat, Daha Utara dan Daha Selatan, termasuk untuk menyantuni anak yatim.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika HSS Hendro Martono, di Kandangan mengatakan, Bupati HSS secara khusus menyapa warganya di Nagara, antara lain di panti asuhan dan beberapa mesjid di seputar wilayah Daha.

"Bupati HSS memulai aktivitasnya pagi-pagi sekali, kantor-kantor belum memulai aktivitasnya, para karyawan belum tiba di kantornya, beliau sudah meluncur dari kediaman untuk  menyantuni anak yatim,"katanya.

Dijelaskan dia, bantuan yang diserahkan yaitu Program BERUPAYA (Bersama untuk Peduli Anak Yatim), Program Kesejahteraan Sosial Anak (PKSA)  dan Program Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak (LKSA).

Program BERUPAYA adalah bantuan untuk anak yatim yang kurang mampu, PKSA berupa bantuan untuk anak-anak terlantar dan kurang mampu.

Sementara LKSA.  merupakan bantuan yang  disalurkan untuk Pondok Pesantren (Ponpes) yang berbasis panti,  diperuntunkan bagi anak yatim yang bersekolah atau menuntut ilmu di Ponpes tersebut.

Adapun bantuan tersebut diserahkan di beberapa tempat,  antara lain, di  Kantor Kecamatan Daha Barat, penerima bantuan BERUPAYA sebanyak 49 orang sebesar Rp 29.4 juta.

Pondok Pesantren Ad Dahlaniyah,  Desa Tambak Bitin, Kecamatan Daha Utara sebanyak 58 orang anak asuh dengan bantuan dana sebesar Rp211,7 juta.

Kantor Kecamatan Daha Utara, penerima bantuan BERUPAYA sebanyak 23 orang sebesar Rp13,8 Juta dan program PKSA 22 orang sebesar Rp13,2 juta.

Pondok pesantren Al Muradiyah Desa Pandak Daun, Kecamatan  Daha Utara, sebanyak 44 orang anak asuh dengan bantuan dana sebesar Rp160,6 juta.

Pondok pesantren Darul Amin Desa Teluk Labak,  Kecamatan Daha Utara, sebanyak 70 orang anak asuh dengan bantuan dana sebesar Rp255,5 juta.

Pesantren Islam Parigi (PIP) Desa Habirau Tengah,  Kecamatan Daha Selatan, sebanyak 84 orang anak asuh dengan bantuan dana sebesar Rp306, 600 juta.

Dan di Pondok pesantren Ibnul Sabil Desa Pandan Sari, Kecamatan.Daha Selatan,  sebanyak 11 orang anak asuh dengan bantuan dana sebesar Rp40.150.000.

Turut hadir, Kepala Dinas Sosial Kabupaten HSS Hj.ST.Erma,  para camat pada masing-masing kecamatan serta instansi terlibat.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Fathurrahman


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2017