Batulicin, (Antaranews Kalsel) - Kondisi penumpang kapal jenis "roll on - roll off" (Roro) dari pelabuhan Tanjung Perak Surabaya-Pelabuhan Samudra Batulicin, Kabupaten Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan, dan sebaliknya hingga saat ini terllihat sepi.

Kepala PT Darma Lautan Cabang Batulicin, Saleh di Batulicin Kamis, mengatakan hampir empat bulan ini jumlah penumpang di pelabuhan Samudra Batulicin minim.

"Sebelumnya, kami mengangkut rata-rata 500 penumpang, sepuluh unit kendaraan roda empat, 40 unit kendaraan roda dua sekali keberangkatan menuju Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya, namun saat ini maximal hanya mencapai 100-150 penumpang sepuluh unit kendaraan roda empat, dan sepuluh kendaraan roda dua," katanya.

Melihat minimnya penumpang akhir-akhir ini, PT Darma Lautan Cabang Batulicin yang awalnya menerapkan delapan trip sekarang di turunkan menjadi empat trip dalam satu bulan (Batulicin-Surabaya).

Pertimbangan pengoperasian kapal dari delapan menjadi empat trip, karena menyesuaikan kondisi di lapangan, dan menghindari pembengkakan biaya operasional kapal.

Berbeda dengan kondisi penumpang kapal rute Batulicin-Makasar sebelum Lebaran Idul Fitri 1438 Hijriah hingga saat ini jumlah penumpangnya tidak mengalami penurunan, dan tidak mengalami peningkatan atau tetap.

Rata-rata jumlah penumpang rute Batulicin-Makasar 100-200 penumpang, Sepuluh unit kendaraan roda empat dan roda dua dalam satu kali keberangkatan.

"Sementara ini PT Darma Lautan Cabang Batulicin untuk rute Batulicin-Makasar dan sebaliknya masih menerapkan satu trip dalam satu minggu, apabila kondisi penumpang dalam dua atau tiga bulan kedepan mengalami lonjakan, maka akan ditambah menjadi dua trip dalam satu minggu," paparnya.

Pewarta: Sujud Mariono

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2017