Paringin, (Antaranews Kalsel) - Pemerintah Kabupaten Balangan, Provinsi Kalimantan Selatan, melaksanakan operasi katarak gratis.

Bupati Balangan Ansharuddin mengatakan, operasi tersebut sebagai salah satu upaya pemerintah untuk meningkatkan kesehatan masyarakat.

"Selain menjamin warga dengan program Jaminan Kesehatan Daerah (Jamkesda) yang merupakan program kesehatan gratis, kini juga melaksanakan kegiatan operasi katarak gratis selama empat hari," katanya.

Operasi katarak yang merupakan program Dinas Kesehatan dilaksanakan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) di Jalan Garuda Maharam, Kecamatan Paringin.

Operasi  ini akan dilaksanakan pada Kamis, 19 - 22 Oktober 2017. Pada  Rabu (18/10) telah dilaksanakan  pemeriksaan fisik atau pemeriksaan laboratotium.

Bupati Balangan, H Ansharuddin mengatakan, kegiatan tersebut merupakan kewajiban Pemerintah Kabupaten Balangan dalam memenuhi tujuh misi pembangunan selama pemerintahan pasangan bupati, H Ansharuddin dan H Syaifullah, periode 2016 - 2021.

Selain itu, kegiatan tersebut selaras dengan pelaksanaan Visi Pemerintah Indonesia untuk mewujudkan Indonesia bebas buta katarak pada 2020.

"Bagi masyarakat yang masih belum terdaftar, dan mempunyai gangguan penglihatan, untuk segera melakukan pemeriksaan di Puskesmas terdekat, dan apabila positif katarak, maka akan di ikut sertakan dalam operasi katarak gratis ini", imbaunya.

Kepala Dinkes Balangan, HA Nasai, selain pelaksanaan operasi katarak gratis mulai tanggal 19 - 22 Oktober 2017, pada 22 Oktober nanti akan dilaksanakan Follow Up bagi mereka yang telah di operasi.

"Kegiatan ini merupakan pelaksanaan bakti sosial yang terselenggara atas program Pemerintah Kabupaten Balangan bekerjasama dengan Persatuan Dokter Spesialis Mata Indonesia (Perdami) yang didukung oleh Bank Kalsel dan PT Adaro Energy, Indonesia", ungkapnya.

Bahkan keberangkatan para pasien dari berbagai desa di kecamatan-kecamatan juga akan di koordinir oleh Puskesmas tempat para pasien melakukan pendaftaran.

Pewarta: Roly Supriadi

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2017