Banjarmasin (Antaranews Kalsel) - Anggota DPRD Kalimantan Selatan yang tergabung dalam Panitia Khusus Raperda tentang Pembangunan Industri di provinsi tersebut mempelajari pembangunan industri di Daerah Khusus Istimewa (DKI) Jakarta dan Jawa Timur.


"Kita perlu mempelajari pembangunan industri di DKI dan Jawa Timur (Jatim)," ujar Ketua Panitia Khusus (Pansus) Raperda tentang Pembangunan Industri di Kalimantan Selatan (Kalsel) Danu Isamdi Saderi di Banjarmasin, sebelum bertolak ke Subaraya, Rabu.

Pasalnya, kedua provinsi DKI dan Jatim tercukup cukup maju dalam pembangunan industri, lanjut politikus Partai Keadilan Sejahtera (PKS) bergelar insinyur dan MS itu menjawab Antara Kalsel.

Ia menerangkan, untuk efektifitas studi komparasi buat mempelajari pembangunan industri pada dua provinsi di Pulau Jawa itut, Pansus Raperda tentang Pembangunan Industri di Kalsel terbagi dua tim/kelompok.

"Kelompok I di bawah pimpinan saya ke Jatim atau `kota pahlawan` Subraya dan II dipimpin Wakil Ketua Pansus Raperda tentang Pembangunan Industri di Kalsel Hj Kamariatul Herlina SE ke DKI Jakarta," tuturnya.

"Sasaran studi komparasi kelompok II Pansus Raperda tentang Pembangunan Industri di Kalsel itu kawasan/zona industri Pulo Gadung Jakarta," tambah mantan Kepala Balai Pengkajian dan Teknologi Pertanian (BPTP) Banjarbaru (35 kilometer utara Banjarmasin).

Wakil rakyat asal daerah pemilihan Kalsel II/Kabupaten Banjar tersebut berharap, dari hasil studi komparasi bisa menjadi masukan dalam pembentukan Perda tentang Pembangunan Industri di provinsi yang terdiri atas 13 kabupaten/kota ini.

"Lebih daripada itu, Perda tentang Pembangunan Industri tersebut akan menjadi payung hukum buat lebih memajukan pembangunan industri di `banua` (daerah) kita yang cukup potensial dengan sumber daya alam," demikian Danu.

Pengajuan Raperda tentang Pembangunan Idustri oleh eksekutif/pemerintah provinsi (Pemprov) tersebtu sebagai salah langkah antisipasi terhadap pertumbuhan dan perkembangan industri yang makin pesat di Kalsel belakangan ini, terutama yang berkaitan dengan payung hukum.

Sebagai contoh di wilayah timur Kalsel kini sedang dalam pembangunan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) yang di dalamnya terdapat pembangunan industri seperti Batulicin, Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu) dan Jorong Kabupaten Tanah Laut (Tala).

Pewarta: Syamsudin Hasan

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2017