Kandangan, (Antaranews Kalsel) - Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) mengelar Musyawarah Daerah (Musda) VIII tahun 2017, untuk penyampaikan laporan pertanggung jawaban pengurus periode 2012-2017 dan menyusun kepengurusan tahun 2017-2022.


Ketua MUI Kabupaten HSS KH Muchyar Dahri, di Kandangan, Selasa (17/10), mengatakan,  terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) HSS yang telah memberikan fasilitas berupa kantor dengan status pinjam pakai.

"Kantor tersebut telah menjadi Sekretariat Bersama MUI, Baznas dan Lembaga Pengembangan Muslim Daerah Terpencil (LPMDT),  juga berbagai fasilitas lainnya yang diberikan, termasuk mobil maupun dana hibah,"katanya.

Ucapan terima kasih, ia sampaikan kepada berbagai pihak yang telah membantu kegiatan MUI selama ini, termasuk Bank Kalsel Syariah yang diantaranya telah membangun rumah bagi Da'i di daerah terpencil.

Selain itu, perbaikan Masjid dan musholla di wilayah HSS dan menerbitkan buku panduan bersuci bagi orang sakit yang disediakan bagi pasien di Rumah Sakit (RS) dan Puskesmas-puskesmas di HSS.

Bupati HSS H Achmad Fikry, mengatakan, menyambut baik kegiatan Musda VIII MUI, ia juga mengucapkan terima kasih kepada MUI yang selama ini telah bersinergi dengan pemerintah, untuk mewujudkan Kabupaten HSS yang Sejahtera, Agamis dan Produktif.

"Salah satu sinergitas antara Pemerintah Kabupaten HSS dengan MUI, yaitu menggalakkan Shalat Subuh berjamaah di seluruh Kecamatan se Kabupaten HSS,  diharapkan langkah tersebut mampu mendorong masyarakat lainnya untuk menyemarakkan Shalat Subuh berjamaah di lingkungannya masing-masing,"katanya, saat memberikan sambutan dalam Musda VIII MUI HSS di Pendopo Kabupaten, Kandangan, Selasa (17/10).

Menurut dia, Tema Musda "Memantapkan Peran Ulama dalam Membangun Hulu Sungai Selatan yang Religius dan Berkarakter ", sangat sejalan dengan harapan Pemkab HSS dalam pelaksanaan program-program di daerah.

Ditambahkan dia, satu program yang Insya Allah akan segera kami jalankan yaitu pelayanan berbasis syariah, akan dilaksanakan secara bertahap, baik di RS dan Puskesmas dan memohon dukungan dari semua pihak agar terlaksana.

Turut berhadir, Ketua DPRD HSS  Syamsuri Arsyad, Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), para pejabat Pemkab HSS, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten HSS H Matnor,  pengurus MUI Kabupaten dan Kecamatan se Kabupaten HSS, serta pimpinan Organisasi Kemasyarakatan (Ormas) Islam dan pondok pesantren di Kabupaten HSS.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Fathurrahman


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2017