Banjarmasin, (Antaranews Kalsel) - Pembuatan jalan di lokasi Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) Ke-100 Kodim 1007 Banjarmasin sudah hampir mencapai 70 persen.

"Pembuatan jalan sudah tahap akhir dan hanya tinggal di areal paling ujung yang belum diurug sirtu," kata Dandim 1007 Banjarmasin Letkol Inf Wilson Napitupulu di Banjarmasin, Jumat.

Dia mengatakan, pelaksanaan TMMD di Sungai Gampa, Kelurahan Sungai Jingah, Kecamatan Banjarmasin Utara, membangun jalan sepanjang 729 meter dengan lebar dua meter.

Berdasarkan pantauan wartawan Kantor Berita Antara, pada Jumat siang, terlihat pasokan tanah urugkan sirtu datang dibawa menggunakan kelotok melalui jalur sungai.

Jika seluruh areal jalan yang dibuat telah ditutupi urugan tanah sirtu, maka Tim Satgas tinggal melapisi dengan batu gunung yang dipecah kecil-kecil hingga merata menutupi jalan.

"Untuk pekerjaan TMMD kali ini memang sebatas lapisan batu saja, untuk cor semennya nanti menunggu padatnya jalan dulu," ucap Wilson.

Sementara itu untuk pengerjaan jembatan besar yang kedua sudah mencapai 23,5 persen dari panjang 25 meter. Sementara jembatan kecil persentasenya 66,2 persen dari total panjang 91 meter.

"Untuk Sabtu besok kami fokus mengerjakan jembatan besar kedua seiring datangnya material kayu ulin untuk tiang pancangnya," tutur Komandan SSK TMMD Ke-100 Kodim 1007 Banjarmasin Mayor Inf Andi Nasharuddin. 

Pewarta: Firman

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2017