Barabai, (Antaranews Kalsel) - Sebanyak 165 orang peserta dari Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST) mengikuti pelatihan untuk Pendidikan Kecakapan Wirausaha (PKW), dan Pendidikan Kecakapan Kerja (PKK) tahun 2017.

Ketua Forum Pengelola Lembaga Kursus dan Pelatihan (Forum PLKP) Hulu Sungai Tengah, Fathurrahman, di Barabai, Jumat , mengatakan, baik PKW ataupun PKK merupakan program bantuan sosial (Bansos) pelatihan dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia (Kemdikbud RI).

"Ada tujuh Lembaga Kursus dan Pelatihan (LKP) di Kabupaten HST yang kembali dipercayakan untuk melaksanakannya, setelah mengusulkan proposal pelatihan baik melalui BP PAUD Dikmas Banjarbaru atau pun langsung ke Kemdikbud RI, enam lembaga untuk bansos PKW dan satu lembaga untuk PKK,"katanya.

Dijelaskan dia, untuk lembaga pelaksana bansos PKW yakni LKP Kurnia, LKP Nanisa, LKP Cahaya Komputer, LKP Mubarak, LKP Fendi Komputer dan LKP Allamahul Bayan, sementara untuk PKK dilaksanakan LKP Cakrawala Komputer.

Adapun jenis keterampilannya yang dilatih, antara lain kursus komputer aplikasi operator office, menjahit, desain grafis, pelatihan ini juga tidak terlepas dari pembinaan Dinas Pendidikan (Disdik HST) melalui Bidang Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat (PAUD Dikmas).

Menurut dia, sebelumnya juga program bansos ini telah dilaksanakan LKP  Stkom Sapta Computer Barabai untuk PKW tahun 2017, Stkom lebih dahulu melaksanakan karena memang pelaksanaan penanda tanganan kerjasama pelatihan dilakukan lebih awal, dari 7 lembaga lainnya di HST yang baru melaksanakan.

Peserta dari program bansos Kemdikbud RI, diterangkan dia ada yang mendaftarkan diri melalui Program Indonesia Pintar (PIP) atau pun menggunakan Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM) baik dari Pemerintah Desa ataupun Kelurahan.

"Bansos ini memang diperuntukkan bagi mereka yang masih dalam usia produktif, dan dari keluarga yang tidak mampu, mengikuti pelatihan dan memperoleh bekal pengetahuan dan pengalaman kerja diharapkan mereka ke depannya dapat berwirausaha usaha ataupun bekerja,"katanya.

Ditambahkan dia, untuk pembukaan secara serentak di tujuh LKP di HST direncanakan akan dilaksanakan  Senin (30/10), pelaksanaan pembukaan bersama ini dimaksudkan untuk menjalin kebersamaan dan memperat silaturrahmi yang juga akan dihadiri Dinas terkait sebagai pembina LKP.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Fathurrahman


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2017