Kotabaru, (Antaranews Kalsel) - Posisi Kabupaten Kotabaru melonjak ke peringkat 10 yang sebelumnya berada di urutan 13 (juru kunci) dalam perolehan medali Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Kalimantan Selatan X 5-15 Oktober di Tabalong.

Operator Media Center Pekan Olahraga Provinsi Kalsel, Hilas di Tanjung Jumat, mengatakan klasemen sementara yang disajikan merupakan hasil pelaporan petugas atau kontributor yang ditempatkan di setiap cabang olahraga (cabor).

"Update klasemen dilakukan setelah ada rilis resmi dari Sekretariat Cabor," kata Hilas menjelaskan.

Ia hanya menyajikan secara umum, dan global sesuai laporan atau rilis resmi dari masing-masing cabor.

Berdasarkan klasemen sementara yang ditayangkan di media center, perolehan medali terbanyak masih diduduki Kota Banjarmasin dengan memperoleh 78 emas, 60 perak, dan 60 perunggu. Kota Banjarbaru peringkat dua dengan memperoleh 35 emas, 40 perak, dan 53 perunggu.

Kabupaten Tanah Bumbu peringkat tiga dengan memperoleh 33 emas, 28 perak, dan 52 perunggu. Tabalong peringkat ke empat dengan memperoleh 29 emas, 37 perak, dan 46 perunggu.

Hulu Sungai Utara peringkat lima dengan memperoleh 22 emas, 16 perak, dan 25 perunggu. Kabupaten Banjar peringkat enam dengan memperoleh 21 emas, 28 perak, dan 38 perunggu. Dan Tapin peringkat tujuh dengan memperoleh 21 emas, 12 perak, dan 27 perunggu.

Barito Kuala peringkat delapan dengan memperoleh 13 emas, 12 perak, dan 14 perunggu. Tanah Laut peringkat sembilan dengan memperoleh 11 emas, 19 perak, dan 22 perunggu. Dan Kotabaru peringkat sepuluh dengan memperoleh 11 emas, 16 perak dan 28 perunggu.

Hulu Sungai Selatan peringkat sebelas dengan memperoleh 11 emas, 15 perak, dan 18 perunggu. Hulu Sungai Tengah peringkat dua belas dengan memperoleh 10 emas, 10 perak, dan 16 perunggu. Dan Balangan peringkat tiga belas dengan memperoleh 7 emas, 9 perak dan 9 perunggu.

Terpisah, Sekretaris Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kotabaru Rony Syafriansyah, mengemukakan hingga saat ini Kotabaru telah mengumpulkan 82 medali, terdiri dari 14 emas, 25 perak, dan 43 perunggu.

"Alhamdulillah, pelan tapi pasti Kotabaru berhasil mengumpulkan medali menjelang akhir pelaksanaan Porprov," kata Rony.

Menurut Rony, perolehan medali kontingen Kotabaru itu diharapkan masih akan bertambah, karena masih ada beberapa kelas di beberapa cabang olahraga yang diikuti.

Dia mengungkapkan, sebanyak 14 medali emas diperoleh dari cabang olahraga gulat, taekwondo 2, binaraga, menembak 2, panjang tebing 4, dansa, panahan, sepak takraw, dan aeromodelling.

Medali perak sebanyak 26 terdiri dari, gulat 3, pencak silat 2, karate 2, taekwondo 2, tinju, atletik 2, menembak 2, panjat dinding 4, bridg, dansa, senam 3, panahan, dan tenis meja.

Sedangkan 43 medali perunggu terdiri dari, gulat 3, pencak silat 5, dansa 8, taekwondo 5, tinju 4, atletik 3, binaraga 1, menembak 7, panjat dinding 2, brige, catur, senam 2, aeromodelling.

Ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kotabaru Zulkifli AR dan Sekretaris KONI Rony Syafriansyah, optimistis bahwa beberapa cabang yang masih dipertandingkan dan diikuti atlet Kotabaru masih berpeluang besar untuk menambah medali bagi "Bumi Saijaan".

"Mudah-mudahan, semua atlet kita terus bersemangat dan bisa menambah pundi-pundi medali di detik-detik akhir ini," demikian Rony.

Ia mengakui ada perbedaan antara data yang tampil di klasemen yang disajikan media center Proprov X Tabalong dengan data yang diinput di Sekretariat Kotabaru berbeda.

"Namun akhirnya tetap akan disingkronkan, namun seyogyanya petugas di lapangan langsung menyampaikan laporan sehingga data klasemen terupdate sehingga tidak ada perbedaan," demikian Rony

Pewarta: Imam Hanafi

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2017