Pelaihari, (Antaranews Kalsel) -  Desa Pandansari, Kecamatan Kintap, Kabupaten Tanah Laut, Kalimantan Selatan ditetapkan sebagai  Desa Sadar Jaminan Sosial Ketenagakerjaan oleh Badan Pengelola Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan.
    
"Dipilihnya  Desa Pandansari sebagai Desa Sadar Jaminan Sosial Ketenagakerjaan karena di Tanah Laut potensi pengembangannya sangat menjanjikan," kata Direktur Perluasan Kepesertaan dan Hubungan Antar Lembaga BPJS Ketenagakerjaan E Ilyas Lubis.
     
Menurut dia, BPJS Ketenagakerjaan merupakan jaminan sosial yang berfungsi sebagai pencegah kemiskinan.
     
Selain itu, sebut dia,  BPJS Ketenagakerjaan juga bertujuan untuk menjamin hari tua bagi para tenaga kerja yang menjadi anggota BPJS Ketenagakerjaan.
     
Sedangkan  manfaat lain dari BPJS Ketenagakerjaan, sebut dia, bisa kredit kepemilikan rumah dengan tingkat bunga rendah.
     
Pemegang kartu BPJS Ketenagakerjaan, jelas dia,  juga bisa digunakan untuk meminimalkan pengeluaran bagi peserta.
     
Diutarakannya, hingga saat ini jumlah peserta BPJS Ketenagakerjaan  di seluruh wilayah Indonesia 48 juta peserta.
     
Terpisah,  Bupati Tanah Laut Bambang Alamsyah meminta kepada  masyarakat Tanah Laut untuk memperhatikan dan  mempersiapkan untuk masa yang akan datang dengan ikut BPJS Ketenagakerjaan.
     
Dia berharap, dengan ikut BPJS Ketenagakerjaan akan membantu masyarakat apabila terjadi hal-hal tidak diinginkan seperti,  kecelakaan kerja dan lainnya.    
     
"Saya minta kepada dinas terkait agar bisa mensosialisasikan dan bekerja sama untuk memberi pemahaman kepada masyarakat mengenai BPJS Ketenagakerjaan," harapnya.

Pewarta: Arianto

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2017