Martapura, (Antaranews Kalsel) - Wakil Bupati Banjar H Saidi Mansyur buka Kegiatan Bimbingan Teknis (BIMTEK) Sistem Pelayanan dan Rujukan Terpadu (SLRT) dan Pusat Kesejahteraan Sosial (PUSKESOS) 2017 kerja sama Dinas Sosial Kabupaten Banjar dengan Kementrian Sosial RI di Aula Barakat, Setda kabupaten Banjar, Rabu (11/10).

H Saidi Mansyur menyampaikan SLRT dan Puskesos sebagai perlindungan sosial dan penanggulangan kemiskinan perlu dikembangkan untuk memastikan bahwa masyarakat miskin atau rentan mendapatkan akses perlindungan dan pelayanan sosial lebih cepat serta menyeluruh. 

Terlebih bisa mendukung proses penyusunan perencanaan program dan perumusan kebijakan perlindungan sosial dan penanggulangan kemiskinan baik ditingkat pusat maupun daerah khususnya kabupaten Banjar.

Dia juga berharap dengan diadakannya Bimtek SLRT dan Puskesos ini kedepannya dapat meningkatkan kualitas pelaksanaan, akselerasi pengembangan dan penumbuhan SLRT dan Puskesos sebagai tempat pengaduan layanan dan program perlindungan sosial serta sebagai pusat pelaksanaan pelayanan dan rujukan terpadu baik di kabupaten maupun desa atau kelurahan.

"Mudah-mudahan kegiatan ini berjalan dengan baik dan lacar, serta kita semua dapat memperoleh manfaat dan bisa mengemban fungsi utama SLRT dan Puskesos yakni dapat mengelola data penduduk miskin dan rentan, penanganan pengaduan masyarakat di berbagai program perlindungan sosial dan rujukan layanan sosial dari masyarakat," imbuhnya.

Kasi Pekerja Sosial Direktorat Pemberdayaan Sosial Luluk Sugianto menyampaikan SLRT dan Puskesos merupakan Tools atau Alat. Sebaik apapun sebuah alat atau instrumen, jika orang yang mengendalikannya tidak cakap dan tidak profesional, tidak akan berdampak apa-apa.

Untuk, itu kegiatan Bimtek SLRT dan Puskesos ini sangat penting artinya sebagai mata rantai penyelenggaraan SLRT dan Puskesos./

"Saya berharap kegiatan ini diikuti dengan baik dan sungguh-sungguh, materi diterima dengan kritis, tanya sekiranya belum paham, jangan malu bertanya dan berdiskusi, sehingga benar-benar menjadi pelaksana penyelenggaraan SLRT dan Puskesos yang handal dan profesional,"  harapnya kepada peserta Bimtek.

Pada rangkaian Bimtek H Saidi mansyur   menyematkan pin dan menyerahkan Gadget kepada fasilitator Ikhsan,  dilanjutkan dengan penyerahan Laptop   kepada manager SLRT Wasis Nugraha, dan perangkat PC kepada Puskesos Gambut Khairul Kutni.

Hadir dalam acara tersebut Asisten 1 bidang  Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Zainuddin, Asisten 2 bidang Perekonomian dan Pembangunan  I Gusti Nyoman Yudiana, Jajaran Direktorat pemberdayaan Sosial, beberapa Kepala SKPD lingkup Kabupaten Banjar serta Peserta SLRT dan Puskesos Kabupaten Banjar./f

 

Pewarta: Yose Rizal

Editor : Asmuni Kadri


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2017