Kotabaru, (Antaranews Kalsel) - Kontingen asal Kabupaten Kotabaru berada di urutan XIII dari 13 kabupaten dan kota di Kalimantan Selatan pada Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Kalsel X di Kabupaten Tabalong.

"Klasemen sementara yang kita sampaikan diupdate pada 10 Oktober pukul 09.23 Wita. Dan update klasemen dilakukan setelah ada rilis resmi dari Sekretariat Cabang Olahraga (Cabor)," kata Seksi Dokumentasi Humas Setda Tabalong Rully Febriansyah di Media Center Porprov Kalsel X, Selasa.

Peringkat pertama ditempati Kota Banjarmasin dengan perolehan, 45 emas, 32 perak, dan 27 perunggu. Peringkat dua, Kota Banjabaru memperoleh 17 medali emas, 18 perak, dan 29 operunggu.

Kabupaten Hulu Sungai Utara berada diperingkat tiga dengan memperoleh medali 14 emas, 6 perak, dan 16 perunggu. Peringkat empat Barito Kuala dengan memperoleh medali 11 emas, 8 perak, dan 13 perunggu.

Peringkat lima Tapin dengan memperoleh medali 11 emas, 6 perak, dan 13 perunggu. Peringkat enam Tanah Bumbu dengan memperoleh medali 10 emas, 18 perak, dan 30 perunggu.

Posisi tujuh didududki kontingen asal Tabalong yang juga tuan rumah dengan memperoleh medali 9 ema, 15 perak dan 21 perunggu. Peringkat delapan Kabupaten Banjar dengan meraih medali 7 emas, 10 perak dan 23 perunggu.

Peringkat sembilan diraih Hulu Sungai Selatan dengan memperoleh medali 7 emas, 9 perak dan 12 perunggu. Posisi 10 diduduki Tanah Laut dengan memperoleh medali 6 emas, 8 perak, dan 12 perunggu.

Selanjutnya posisi 11 diduduki Balangan dengan memperoleh medali 6 emas, 8 perak dan 7 perunggu. Peringkat 12 Hulu Sungai Tengah dengan memperoleh medali 5 emas, 3 perak dan 6 perunggu. Peringkat 13 Kotabaru memperoleh 22 medali, terdiri dari satu emas, delapan perak dan 13 perunggu.

Sekretraris Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kotabaru Rony Syafriansyah, mengimbau semua pimpinan kontingen untuk menjaga stamina dan semangat tanding atlet.

"Jaga kondisi psikologis dan kesehatan para atlet," pintanya.

Pada Proprov X di Tabalong Kotabaru menurunkan 560 kontingen dan akan mengikuti pertandingan di 29 cabor dari 35 cabang olahraga yang dipertandingkan dalam Porprov tersebut.

Sebelumnya, Sekretaris Daerah Kotabaru, H Said Akhmad, saat mengunjungi sekretariat kontingen Kotabaru di Kabupaten Tabalong memberikan semangat agar para atlet berjuang keras untuk meraih prestasi.

"Kami ingin melihat langsung sejauh mana kesiapan dan persiapan para atlet kita (Kotabaru) yang akan bertarung untuk menjadi yang terbaik di bidang olahraga di ajang bergengsi Porprov Kalsel X di Tabalong," kata Sekda.

Ia berharap kepada para atlet yang mewakili Kotabaru dapat mengharumkan nama daerah, dengan cara bersunggu-sungguh dalam bertanding untuk meraih prestasi di bidang olahraga.

Pemkab Kotabaru komitmen untuk memajukan olahraga, oleh karenanya tunjukkan dan buktikan bahwa olahraga Kotabaru bisa meraih prestasi.

"Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) bisa membuktikan prestasinya di bidang olahraga kepada Pemkab Kotabaru," pinta Sekda Said Akhmad yang juga mantan Sekda Kabupaten Tanah Bumbu.

Disinggung perolehan sementara medali atlet Kotabaru yang belum sesuai target, Said Akhmad meminta dilakukan evaluasi bersama-sama, terutama cabang olahraga yang yang lainnya untuk menuju yang lebih baik.

"Apapun hasil evaluasi, KONI dan Pemkab Kotabaru tidak boleh kecewa. Ini adalah pelajaran untuk meraih prestasi di masa-masa mendatang,"tuturnya.





Pewarta: Imam Hanafi

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2017