Kotabaru, (Antaranews Kalsel) - Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kabupaten Kotabaru, Kalimantan Selatan, menangani lima laporan warga terkait pohon-pohon yang rawan tumbang sebagai upaya untuk mengantisipasi jatuhnya korban.

"Kondisinya rata-rata lapuk atau mau tumbang, kita lihat sikonnya membahayakan warga," ujar Kepala Seksi Kedaruratan Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP) Kotabaru Addenan, Senin.

Dari lima laporan, tiga titik di antaranya ada di wilayah Kelurahan Kotabaru Hilir, sisanya di Desa Semayap.

Mendapat laporan dari masyarakat, DPKP Kotabaru langsung mengambil langkah antisipasi dengan melakukan penebangan dibantu relawan dan warga.

"Ini sudah titik kelima, rencana ada titik evakuasi yang lain tapi kita lihat bagaimana keadaan disana kalau bisa memungkinkan kita evakuasi," kata Addenan.

Penebangan dilakukan karena kondisi pohon berpotensi mengancam jiwa terutama pejalan kaki. Salah satunya di Jalan Pangeran Indra Kesuma Negara RT 02 Kelurahan Kotabaru Hilir Kecamatan Pulaulaut Utara.

Pepohonan di atas tebing di tepi jalan itu membuat resah warga karena sebagian pohon sudah berusia tua, ada pula pohon yang terlalu menjorok ke jalan. Ini menimbulkan kekhawatiran pohon sewaktu-waktu tumbang.

"Penebangan ini permintaan warga karena pohonnya sudah tua, kalah dibiarkan bisa membahayakan masyarakat," kata Ketua RT 02 Abdul Muthalib.

Pewarta: Imam Hanafi

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2017