Kandangan, (Antaranews Kalsel) - Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Selatan, Kalimantan Selatan, mendorong tumbuhnya perekonomian keluarga melalui peningkatan ketrampilan ibu rumah tangga.

Kepala Disnakerkop dan UKP HSS, Sasmi Rifani, di Kandangan Sabtu, mengatakan program peningkatan ketrampilan bagi ibu rumah tangga tersebut antara lain melalui pelatihan menjahit selama dua puluh hari bekerjasama dengan LKP Reza Tibung Raya, Kecamatan Kandangan, sejak 13 September hingga 7 Oktober 2017.

Dinas Tenaga Kerja, Koperasi Usaha Kecil dan Perindustrian (Disnakerkop dan UKP) HSS, tambah dia, juga melaksanakan program peningkatan kualitas dan produktivitas tenaga kerja.

"Pesertanya mayoritas dari ibu-ibu rumah tangga dan remaja putri, mereka dibekali dengan pelatihan sehingga nantinya mampu berwirausaha, meningkatkan penghasilan keluarga dan mengatasi persoalan pengangguran," katanya.

Dijelaskan dia, para peserta sebelumnya telah diseleksi dari banyak pendaftar dari banyak desa, untuk memastikan para peserta memiliki minat dan bakat dalam program yang ditawarkan.

Sebelumnya, tambah dia, juga telah dilaksanakan pelatihan serupa di Tabihi, Kecamatan Padang Batung dengan mengandeng lembaga kursus setempat.

Peserta pelatihan di LKP Reza, diikuti 16 peserta dengan jadwal pelatihan dimulai dari jam 08.00 wita hingga 14.00 wita atau enam jam setiap harinya, materi pelatihan terdiri dari teori selama dua hari dan dilanjutkan praktek.

Peserta pelatihan Maisyarah, mengatakan, bersyukur dapat mengikuti pelatihan ini, dia mendapatkan pengetahuan dan ketrampilan menjahit dari mulai menjahit baju perempuan, baju dan celana laki-laki.

Selain pelatihan menjahit, Disnakerkop dan UKP HSS juga telah melaksanakan pelatihan servis kendaraan, meubel, las dan listrik, sebagai pelatihan juga merupakan kerjasama dengan Balai Latihan Kerja (BLK) Provinsi Kalimantan Selatan.

Pewarta: Faturrahman

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2017