Kandangan, (Antaranews Kalsel) - Bupati Hulu Sungai Selatan (HSS) H Achmad Fikry menyerahkan santunan bagi 450 anak siswa yatim fakir dan miskin se Kecamatan Padang Batung dan Loksado.

Acara diserahkan dalam kegiatan yang diselenggarakan Kelompok Kerja Guru (KKG) Pendidikan Agama Islam (PAI) se Kecamatan Padang Batung dan Loksado.

Bupati mengatakan, terimakasih kepada KKG  PAI se Kecamatan Padang Batung dan Loksado yang rutin setiap tahun menyerahkan santunan untuk para anak yatim fakir dan miskin serta kepada semua pihak yang mendukung program ini.

"Kegiatan ini dilakukan sebagai wujud ingin berbagi kebahagiaan pada Bulan Muharam, yakni menyantuni para anak yatim,"katanya saat memberiksan sambutan dalam penyerahan santunan kepada anak yatim, bertempat di Mesjid Al Mujahidin Padang Batung.

Ia mengajak, kepada penerima santunan untuk bersyukur, menurut dia di HSS ini semua orang peduli terhadap orang miskin termasuk kelompok kerja guru PAI di Kecamatan Padang Batung dan Loksado yang merupakan wujud kebersamaan karena pemerintah tidak bisa melakukan semuanya, dibutuhkan dukungan semua pihak.

Untuk anak yang menerima santunan, ia mengharapkan supaya tetap bersekolah, dan semua anak tamat SD dan MI agar wajib melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi.

Menurut dia, tidak ada alasan tidak sekolah karena tidak ada uang, karena banyak program pemerintah untuk mendukung anak-anak untuk sekolah seperti Program Indonesia Pintar (PIP) dan Program Keluarga Harapan (PKH).

Selain penyerahan santunan untuk anak yatim, juga diserahkan Program Kesejahteraan Sosial Anak (PKSA), program ini dari Pemkab HSS yang diberikan sebesar Rp1.2 juta per tahun, dibayarkan secara bertahap, untuk tahap satu diberikan Rp.600 ribu dibayar secara non tunai, yakni melalui buku tabungan.

"Kepada penerima bantuan PKSA untuk mengambil uangnya sesuai keperluan, dan digunakan untuk kepentingan sekolah, jangan digunakan untuk kepentingan yang lain,"katanya.

Pelaksanaan santunan dari KKG PAI di Kecamatan Padang Batung dan Loksado ini sudah berjalan selama 26 tahun, adapun santunan diberikan untuk para anak yatim fakir dan miskin SD dan MI se Kecamatan Padang Batung dan Loksado.

Turut hadir, Kepala Dinas Pendidikan Nordiansyah, Kepala Dinas Sosial Hj.Siti Erma, para alim ulama, Pimpinan Bank Kalsel Cabang KandanganAndhy Andriyawan, Forum Koordinasi Pimpinan Kecamatan Padang Batung, para pengawas sekolah, kepala sekolah dan guru se Kecamatan Padang Batung dan Loksado.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Fathurrahman


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2017