Paringin, (Antaranews Kalsel) -  Pemerintah Kabupaten Balangan, Provinsi Kalimantan Selatan terus berusaha meningkatkan Sumber Daya Manusia warganya.

Salah satunya lewat pembinaan olahraga, baik melalui Disporaparbud maupun lewat bantuan dana yang diberikan kepada Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI), Balangan. 

Sebagai salah satu bukti dukungan tersebut, yaitu adanya penambahan alokasi dana untuk kegiatan KONI yang tahun lalu hanya Rp2,5 miliar menjadi Rp6 miliar pada 2017. 

Selain anggaran untuk KONI, Bupati Balangan, H Ansharuddin, juga menyiapkan anggaran Pemerintah Kabupaten Balangan untuk membangun venue-venue olahraga, baik indoor maupun outdoor.

Bantuan yang besar, lanjut Bupati, diharapkan nantinya semakin banyak bibit-bibit atlet yang tertarik dan berusaha keras mengejar prestasi, mengangkat nama Balangan di tingkat provinsi maupun yang lebih tinggi hingga membawa nama Indonesia di tingkat Internasional.

Hal tersebut memang sangat relevan dengan cita-citanya yang selaras dengan program Nawacita pemerintah pusat, dengan meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia Indonesia hingga mampu bersaing dengan negara lainnya di Asean.

Beberapa hal yang sudah sangat membanggakan, dimana SSB Batu Agung, Kabupaten Balangan, yang menorehkan prestasi dengan menjadi wakil Indonesia, sebagai Garuda Muda Indonesia Usia 12 tahun pada ajang Aqua Danone Nations Cup 2017, di Red Bull Arena, New York, Amerika Serikat, yang membawa Indonesia ke tingkat delapan dunia.

Selain itu, mereka juga menorehkan Top Skor sebagai pencetak gol terbanyak dunia, dari 32 peserta di dunia yang mengikuti ajang tahunan tersebut.

Kemudian bukan hanya dari atlet yang memiliki fostur sempurna, namun dari atle Difabel atau keterbatasan fisik di ajang Paralympic - di Asean Para Games, dimana atlet asal Kabupaten Balangan, Nor Aimah dan Agus, juga berhasil menyumbangkan medali Emas dan Perunggu, sehingga menambah pundi-pundi koleksi medali yang membawa Indonesia menjuarai ajang Asean Para Games di Kuala Lumpur, Malaysia.

Tak ayal, berbagai bonus dari Pemerintah Kabupaten Balangan, digelontorkan untuk mereka, sebagai rasa bangga, sekaligus agar menjadi motivasi bagi para atlet dan para warga untuk bisa terus berprestasi dari ajang yang positif.

"Kami yakin, pada gilirannya, prestasi-prestasi olahraga yang spektakuler akan sangat besar pengaruhnya untuk mendorong masyarakat umum berpartisipasi secara terstruktur, terus-menerus dan berkelanjutan. Dengan demikian, prinsip produktif dan partisipatif dapat terwujud dalam pembangunan daerah," pungkasnya.

Pewarta: Roly Supriadi

Editor : Roly Supriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2017