Rantau, (Antaranews Kalsel) - Sebanyak 30 grup tari mengikuti lomba seni tari daerah Kalimantan dalam rangkaian HUT PT Kalimantan Prima Persada ke 14 yang dilaksanakan di aula Pendopo Balahendang.

Lomba yang diikuti oleh pelajar tingkat SMP sederajat 17 peserta dan SMA sederajat sebanyak 13 peserta dari empat provinsi di Kalimantan yakni Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, dan Kalimantan Tengan tersebut dilaksanakan selama dua hari yakni pada 27-28 September.

CSR PT KPP Wardi mengatakan bahwa kegiatan yang dilaksanakan selama dua hari ini sebagai upaya menjaga kelestarian budaya atau seni tari khas Kalimantan dan juga sebagai rangkaian HUT PT KPP ke 14.

"Kita menyediakan hadiah uang pembinaan dengan total Rp20 juta," ujarnya.

Semntara itu, dalam sambutannya saat membuka lomba tersebut, Bupati Tapin HM Arifin Arpan mengaku cukup kaget bahwa ternyata di Kabupaten Tapin, masih banyak kesenian yang belum pernah muncul atau ditampilkan didepan publik.

Sehingga sebagai bentuk kepedulian pemerintah daerah kesenian ini akan diupayakan untuk terus dikembangkan sehingga bisa lebih dikenal secara luas.

Perlunya ada suatu wadah sanggar seni di kabupaten Tapin sehingga nantinya para anak - anak maupun remaja dapat belajar seni seperti tarian, drama, dan kegiatan lainnya di sanggar seni tersebut.

"Sudah saya sampaikan kepada Dinas Periwisata bahwa untuk pembinaan harus tersedianya tempat khusus" ucap H Arifin.

Ditambahkan H Arifin untuk sanggar seni,  kemungkinan akan dibangun di kawasan Rantau baru sehingga nantinya para masyarakat selain menikmati alam di kawasan Rantau baru tetapi juga dapat menikmati kesenian dari anak - anak yang melakukan latihan disana.

"Khususnya kesenian asli Kabupaten Tapin yang ditampilkan oleh anak - anak kita disana" tandas Bupati.

Lomba seni tari tingkat Kalimantan tersebut, untuk tingkat SMP, sanggar seni dan tari Komandan dari Kalteng meraih juara satu, sementara juara dua diraih oleh MTsN 2 Tapin dan juara tiga diraih SMPN 1 Lokpaikat Kabupaten Tapin.

Tingkat SMA sederajat, juara satu diraih oleh SMAN 1 Rantau Kalsel, juara dua SMAN 5 Malinau Kaltara dan juara tiga diraih MAN 1 Tapin.

Sebelumnya, dalam rangkaian HUT PT KPP ke 14, perusahaan pertambangan tersebut juga melaksanakan bhakti sosial seperti donor darah, penanam pohon, penyuluhan narkoba, kelas inspirasi, dan kegiatan lainnya.




Pewarta: M Husein Asyari

Editor : Muhammad Husien Asy'ari


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2017