Martapura, (Antaranews Kalsel) - Kepala Kepolisian Resor Banjar, Kalimantan Selatan AKBP Takdir Mattanete mengajak tokoh masyarakat menciptakan situasi keamanan dan ketertiban masyarakat yang kondusif.

"Kami melakukan pendekatan kepada tokoh masyarakat agar mereka bisa ikut berperan menciptakan situasi kamtibmas yang aman dan kondusif," ujar Kapolres di Martapura, Rabu.

Pernyataan itu disampaikan Kapolres usai memimpin gelar operasi analisa dan evaluasi gangguan Kamtibmas periode Juli-Agustus 2017 di rumah seorang tokoh masyarakat bernama Aliansyah.

Sebelumnya, pada GO anev pertama juga dilaksanakan di kediaman tokoh masyarakat bernama Haji Mansyur dan mendapat sambutan hangat pengusaha pertambangan batu bara itu.

Menurut Kapolres, pihaknya sengaja melaksanakan gelar operasi analisa dan evaluasi di rumah tokoh masyarakat agar mereka mengetahui kinerja personel kepolisian setempat.

"Tempatnya memang sengaja dipilih kediaman tokoh masyarakat agar mereka mengetahui kinerja kepolisian. Selain itu, informasi yang diterima bisa disampaikan ke masyarakat," ucapnya.

Dijelaskan Kapolres, tokoh masyarakat memiliki peran penting di lingkungannya karena ucapan dan pernyataan mereka lebih didengar dan dipatuhi masyarakat sekitarnya.

"Harapan kami, melalui peran tokoh masyarakat, program kepolisian dalam upaya menciptakan situasi Kamtibmas yang aman dan kondusif terwujud agar masyarakat tenang," kata dia.

Dikatakan, analisa dan evaluasi yang dilaksanakan dua bulan sekali bertujuan menyampaikan kinerja seluruh jajaran Polres Banjar sekaligus mencari jalan keluar atas kendala yang dihadapi.

"Kami menilai, kinerja jajaran Polres Banjar sudah baik sehingga harus mampu dipertahankan bahkan ditingkatkan. Soal kendala, dihadapi dan dicarikan jalan keluarnya," ujar kapolres.

Sementara itu, Aliansyah menilai langkah Kapolres melakukan pendekatan kepada tokoh masyarakat sangat baik dan pihaknya berupaya menyampaikan kinerja kepada masyarakat sekitarnya.

"Langkah Kapolres ini bagus dan kami sangat mendukungnya karena kami bisa mengetahui kinerja kepolisian. Kami juga akan berupaya menyampaikan program-program kepolisian ke masyarakat," ujar pria paruh baya itu.

Pewarta: Yose Rizal

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2017