Pelaihari (Antaranews Kalsel) - Badan Nasional Penanggulangan Bencana tertarik untuk membangun Unit Pelaksana Teknis dan Sekolah Penanggulangan Bencana wilayah Kalimantan yang ditempatkan di Kabupaten Tanah Laut, Kalimantan Selatan.


"Melihat komitmen Pemkab Tanah Laut sangat tinggi terhadap penanggulangan bencana, maka kami berencana membangun Unit Pelaksana Teknis dan Sekolah Penanggulangan Bencana di Tanah Laut," ujar Inspektur Utama Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Bintang Susmanto di Pelaihari, Selasa.

Menurut dia, pembangunan Unit Pelaksana Teknis dan Sekolah Penanggulangan Bencana di Indonesia akan dibangun di Sulawesi, Sumatera, Nusa Tenggara, Kalimantan dan lain-lain.

Khusus untuk Kalimantan, sebut dia, Kabupaten Tanah Laut merupakan salah satu daerah yang diperhitungkan untuk pembangunan fasilitas tersebut.

Bupati Tanah Laut Bambang Alamsyah mengatakan, sangat mendukung Tanah Laut ditunjuk sebagai Sekolah Penanggulangan Bencana untuk wilayah Kalimantan.

Hal itu, jelas dia, karena Tanah Laut memiliki banyak kelebihan baik dari sisi demografi, geografi serta sosial masyarakatnya yang beragam.

Sebagai bentuk keseriusan Pemkab Tanah Laut mendukung rencana pembangunan Unit Pelaksanaan Teknis dan Sekolah Penanggulangan Bencana tersebut, usai sosialisasi langsung meninjau lahan yang dihibahkan kepada BNPB.

Hibah lahan tersebut, kata bupati, sebagai wujud kesiapan Tanah Laut apabila dipercaya untuk melaksanakan pembangunan Unit Pelaksana Teknis dan Sekolah Penanggulangan Bencana.

"Kami sangat berharap pembangunan Unit Pelaksana Teknis dan Sekolah Penanggulangan Bencana di Tanah Laut dapat diwujudkan BNPB," katanya.

Pewarta: Arianto

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2017