Barabai, (Antaranews Kalsel) - Ribuan pelajar tingkat sekolah dasar hingga sekolah menengah atas di Kabupaten Hulu Sungai Tengah, Kalimantan Selatan mengikuti pawai Tahun Baru Islam 1439 Hijriyah dengan mengenakan berbagai macam busana, atraksi dan membawa aneka miniatur yang identik dengan keislaman .

Wakil Bupati HST H A Chairansyah di Barabai, Kamis menyampaikan sebagai kota yang terkenal agamis maka sudah seharusnya peringatan hari besar Islam selalu meriah.

"Melalui karnaval ini kita melihat begitu besarnya antusiasme para pelajar menyambut Tahun Baru Islam dengan semangat kebersamaannya menyiapkan bahan dan miniatur yang pastinya sudah jauh-jauh hari direncanakan," kata Chairasnyah.

Dia berharap semangat itu senantiasa terus digelorakan untuk memupuk rasa persatuan dan kesatuan membela dan mempertahankan agama Islam dan memperkokoh keimanan.

"Yang lebih penting kita dapat bersama-sama berubah dan berhijrah ke jalan yang lebih baik dan memberikan kemanfaatan-kemanfaatan lebih banyak lagi kepada daerah dan masyarakat kita," katanya.

Pawai dimulai di Lapangan Dwi Warna Barabai dan dilepas oleh Wakil Bupati HST H A Chairansyah didampingi jajaran unsur FKPD HST serta diisi ceramah agama oleh Ketua NU KH Nawawi Hasan.

Dalam pawai tersebut akhirnya terpilih SD IT Al Khair sebagai juara pertama disusul MIN 2 HST dan SD Negeri 2 Barabai Timur.

Menurut Koordinator Juri Karnaval Khairussalim untuk tingkat SMP dan MTs peserta terbaik satu yakni MTs Darul Istiqamah disusul MTs Diniyah Barabai dan MTsN 2 HST.

Sedangkan tingkat SMA dan MA dimenangkan oleh MA Darul Istiqamah, peringkat kedua dan ketiga masing-masing MAN 2 Barabai dan MAN 1 Barabai.

Pewarta: M Taufik Rakhman

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2017