Kandangan, (Antaranews Kalsel) - Pemerinah Kabupaten (Pemkab) Hulu Sungai Selatan (HSS) menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) Sarjana Pendamping (Samping) Desa Sejahtera di Lingkungan Pemerintah Kabupaten HSS tahun 2017.


Bupati HSS H Achmad Fikry, di Kandangan, Selasa (19/9), mengatakan, rakor kali ini diperluas dengan melibatkan pendamping Program Keluarga Harapan (PKH), Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamata (TKSK), dan Pekerja Sosial Masyarakat (PSM).

"Hal ini dilakukan karena sekarang Samping Desa Sejahtera sudah harus lebih meningkatkan sinergisitasnya dengan pekerja sosial, yang ada dibawah binaan Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten HSS,"katanya.

Dijelaskan dia, Samping Desa Sejahtera sudah berjalan tahun keempat, pada awal perekrutan Samping Desa, nomenklatornya Samping Desa Sejahtera. 

Tetapi situasi dan kondisi yang ada di lapangan, menurut dia saat Samping Desa ditempatkan di desa, ternyata proses penyelenggaraan pemerintahan di desa memerlukan dukungan Samping Desa yang membantu proses pelayanan pemerintahan desa. 

Seiring dengan waktu sekarang, desa-desa sudah merekrut perangkat desa dan sudah dikukuhkan oleh Kepala Desa. 

"Maka tugas Samping Desa Sejahtera sekarang adalah  bagaimana mendampingi masyarakat desa yang selama ini menerima berbagai program pemerintah agar bisa sejahtera, dan bukan lagi tugas Samping Desa pada urusan pemerintahan desa,"katanya.

Ia mengajak, agar mengawal masyarakat yang belum beruntung dan penyandang masalah sosial, yang memerlukan bantuan dari pemerintah, agar bangkit dengan cara melihat potensi masyarakat, sehingga kedepan desa sejahtera betul-betul terwujud.

Untuk peserta rakor, ia mengharapkan agar  bisa juga menghasilkan beberapa kesepakatan, untuk terus meningkatkan pendampingan kepada masyarakat yang belum beruntung atau masalah sosial.

Turut hadir,  tim pembina Samping Desa Sejahtera, tim teknis Samping Desa Sejahtera, para kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD), pendamping PKH, TKSK dan PSM.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Fathurrahman


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2017