Banjarmasin, (Antaranews Kalsel) - Anggota Komisi III Bidang Pembangunan dan Infrastruktur DPRD Kalimantan Selatan (Kalsel) H Muhammad Nur mengharapkan perbaikan atau pelebaran jalan antara Pelaihari - Pantai Takisung Kabupaten Tanah Laut selesai tepat waktu.

"Pasalnya ketika kami dari Komisi III DPRD Kalsel meninjau Kamis (14/9), perbaikan/pelebaran jalan Pelaihari - Takisung yang menggunakan APBD provinsi setempat 2017, tampak masih dalam proses pengerjaan," ujarnya di Banjarmasin, Sabtu.

Anggota DPRD Kalsel dua periode itu menerangkan, perbaikan/pelebaran jalan Pelaihari, ibu kota Kabupaten Tanah Laut (Tala) - Takisung tersebut guna menunjang kelancaran lalu lintas menuju objek wisata bahari atau Pantai Takisung maupun sebaliknya.

Namun wakil rakyat asal daerah pemilihan Kalsel VI/Kabupaten Kotabaru dan Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu) bergelar sarjana syariah itu tidak menyebut dana perbaikan/pelebaran jalan Pelaihari - Takisung tersebut dengan alasan lupa.

"Tetapi yang jelas, Pantai Takisung sekarang jauh lebih baik dari keadaan sebelumnya. Pemerintah kabupaten (Pemkab) setempat melakukan penanaman pohon untuk berteduh para pengunjung," lanjut Wakil Ketua Fraksi Partai Gerindra DPRD Kalsel tersebut.

Selain itu, membangun tanggul pemecah/penahan ombak guna mencegah abrasi, sarana dan prasarana lain penunjang objek wisata bahari/pantai tersebut buat kenyamanan dan keselamatan pengunjung," demikan Muhammad Nur.

Pantai Takisung (sekitar 77 kilometer timur Banjarmasin) salah satu primadona objek wisata bahari di "Bumi Tuntung Pandang" Tala atapun "Bumi Perjuangan Pangeran Antasari" Kalsel yang terdiri atas 13 kabupaten/kota.

Di Bumi Tuntung Pandang itu sendiri setidaknya ada tiga objek wisata bahari/pantai, yaitu Takisung yang terkenal sejak lama (1960-an), Pantai Batakan (sekitar 125 kilometer timur Banjarmasin), dan Pantai Swarangan (sekitar 140 kilometer timur Banjarmasin).

Selain di Bumi Tuntung Pandang, di wilayah timur Kalsel yang meliputi tiga kabupaten tersebut juga terdapat beberapa objek wisata bahari/pantai, seperti Pantai Pagatan Tanbu (sekitar 240 kilometer timur Banjarmasin).

Pantai Pagatan sudah menusantara dan ada pegelaran tahunan yang masuk kalender wisata, yaitu pesta laut atau mapanre tase (memberi makan laut) sebuah budaya nelayan tanda syukur kepada Allah atas hasil lautnya.

Kemudian di Kotabaru-kabupaten paling timur Kalsel yang berbatasan Selat Makassar dan Laut Sulawesi ada Pantai Gandabaan, serta Pantai Sarang Tiung yang tiap tahun juga ada pegelaran adat budaya pesta laut.

Pewarta: Syamsuddin Hasan

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2017