Kotabaru, (Antaranews Kalsel) - PT Indocement Tunggal Prakarsa di Kabupaten Kotabaru, Kalimantan Selatan konsisten menggelar Festival Anak Saleh hingga 13 tahun terakhir.

Corporate Social Responsibility (CSR) Section Head Indocement, H Nor Imansyah di Kotabaru, Jumat mengatakan penyelenggaraan Festival Anak Saleh (FAS) 2017 ini merupakan rangkaian kegiatan HUT ke-42 PT Indocement Tunggal Prakarsa Tbk dan HUT ke-72 RI.

"Fas ke-13 ini merupakan kegiatan rutin yang berkelanjutan, hasil kerjsama CSR PT Indocement Tunggal Prakarsa Tbk Pabrik Tarjun dengan MTs Nurul Musthafa Desa Sungai Kupang, Kecamatan Kelumpang Hulu," jelas dia dalam rilis.

Diharapkan, kegiaan ini dapat mendorong siswa lebih berprestasi, sekaligus berkarakter kuat Islami, serta saleh dan salehah.

Ketua Panitia Pelaksana Rusman Maserani, menuturkan kegiatan Festival Anak Saleh telah dimulai oleh Indocement sejak 2004.

Menurutnya, pada FAS kali ini ada lima kegiatan yang diperlombakan, yaitu cerdas cermat tingkat SLTP, baca Al Quran tingkat SD dan SLTP, puitisasi Al Quran tingkat SLTP, kaligrafi tingkat SD dan SLTP, adzan tingkat SD dan SLTP, dan mewarnai untuk TK.

"Pemenang FAS tingkat Kecamatan Kelumpang Hulu ini akan diikutsertakan pada FAS tingkat kabupaten. Misalnya, juara MTQ tahun lalu pernah ikut lomba tingkat kabupaten, bahkan provinsi," ijarnya.

"Mereka sangat antusias. Terbukti ada 200 peserta yang ikut, mereka berasal dari sekolah-sekolah di empat kecamatan. Yaitu Kelumpang Hulu, Kelumpang Hilir, Kelumpang Barat, dan Hampang," jelas dia.

Salah satu peserta Fitriyadi, pelajar kelas IX SMPN 1 Kelumpang Hulu mengatakan, dirinya sangat serius mengikuti lomba ini.

"Saya berusaha belajar, memperbanyak baca buku, menguatkan ingatan atau hafalan untuk menjadi juara," kata peserta asal Desa Sidomulyo.

Senada peserta lainnya, Andrianor, pelajar kelas VIII A SMPN 1 Hampang, juga mengaku telah mempersiapkan diri untuk mengikuti lomba FAS ini.

Kepala Desa Sungai Kupang Sabrun Noor Patria menilai positif kegiatan FAS yang rutin digelar PT Indocement ini.

"Kegiatan ini bisa memberikan inspirasi dan motivasi bagi anak-anak untuk meningkatkan prestasi. Juga menambah wawasan, khususnya dibidang keagamaan," katanya.

Dia menambahkan, Indocement selalu konsern membantu kegiatan masyarakat. Kegiatan ini sejalan dengan keinginan pemerintah desa. Dapat memberikan pengaruh positif terhadap perkembangan anak dalam menghadapi kemajuan teknologi yang serba modern.

Plt Camat Kelumpang Hulu Samsudin menilai, penyelenggaraan FAS sangat bagus.

"Tidak hanya diharapkan mencetak anak saleh dan berprestasi. Namun, tidak kalah penting adalah sejak dini anak-anak telah dididik untuk berani tampil, semangat dalam memperjuangkan nilai-nilai akidah islami sehingga menjadi anak sholeh," katanya.

Dia berharap Indocement terus mendukung agar kegiatan ini bisa dilaksanakan terus-menerus. Apalagi minat peserta yang semakin banyak dan sangat antusias.

Pewarta: Imam Hanafi

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2017