Paringin, (Antaranews Kalsel) - Pembukaan dan pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ) Nasional ke XI Tingkat Kabupaten Balangan, Provinsi Kalimantan Selatan, berlangsung meriah.

Pembukaan yang dilaksanakan pada Kamis (7/9) menampilkan berbagai karya seni lokal, mulai dari tarian kontenporer, tarian kolosal karya sanggar-sanggar seni dari berbagai kecamatan.

Sebagai tuan rumah, Kecamatan Juai tak ketinggalan menampilkan tarian kolosal perjuangan H Hasan Baseri, ditambah dengan atraksi dari masing-masing kecamatan.

Bupati Balangan,  H Ansharuddin, sekaligus membuka  dan mengukuhkan dewan hakim dan juri Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Nasional XI, tingkat kabupaten, di Panggung Utama MTQ yang bertempat di Lapangan Desa Mungkur Uyam, Kecamatan Juai, Kamis (7/9).

Menurut Bupati,  dalam MTQ ini para kafilah bisa berlomba dengan sportif, dan menampilkan kebolehannya secara maksimal.

Selain dapat berlomba dan mengasah kemampuannya, para kafilah juga mendapat nilai ibadah karena membaca kitab suci umat islam yaitu Al-quran.

"Begitu pula dengan para dewan hakim, agar dapat membwrikan nilai seobjektif mungkin, sehingga kita bisa menghasilkan juara yang benar-benar baik dan bagus," tegasnya.

Acara dibuka oleh Bupati Balangan H Ansharuddin dan  Hj Nursidah Ansharuddin, dihadiri oleh Wakil Bupati Balangan, H Syaifullah dan Hj Ni'mawati, para ulama dan tokoh agama Balangan, Dandim 1001/Amt-Balangan, Wakapolres Balangan, Kepala Kemenag, Ketua DPRD beserta anggota,  kepala SKPD lingkup Kabupaten

Warga juga dihibur dengan acara taaruf yang menampilkan berbagai atraksi marchingband, tarian daerah, pakaian adat, dan lain sebagainya, dengan dipimpin oleh camat masing-masing kecamatan.

Pewarta: Roly Supriadi

Editor : Roly Supriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2017