Banjarmasin (Antaranews Kalsel) - Perusahaan Daerah Pengolahan Air Limbah (PD-PAL) Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan memiliki fasilitas mobil pembersih tinja canggih yang disebut "Jetting Combi Cap".


Dirut PD-PAL Kota Banjarmasin Rahmatullah di Banjarmasin, Rabu, mengatakan, mobil truk pembersih jaringan primer air limbah itu merupakan bantuan Kementerian Pekerjaan Umum dan Pemukiman Rakyat RI pada tahun 2017.

"Secepatnya akan dioprasikan mobil truk permbersih itu untuk melancarkan operasional PD-PAL di titik-titik jaringan instalasi limbah," tuturnya.

Rahmatullah menyatakan, truk pembersih limbah ini merupakan yang tercanggih yang dimiliki PD-PAL Kota Banjarmasin, bahkan bisa se-Kalimantan Selatan.

"Karena truk ini dilengkapi peralatan hidrolik dan bisa membersihkan pipa limbah hingga cukup jauh, hingga dapat mengatasi sumbatan-sumbatan yang terjadi," paparnya.

Menurut Rahmatullah, sudah sebanyak tiga unit mobil truk pembersih tinja yang diperoleh dari PD-PAL Kota Banjarmasin dari pemerintah pusat.

Dikatakan dia, truk-truk tersebut sangat penting dimiliki PD-PAL untuk menunjang operasional, karena saat ini pelanggan PD-PAL sebanyak 6.000 konsumen lebih.

"Apalagi banyak juga pelanggan yang di luar jaringan perpipaan ke rumah pengolahan limbah, yakni, pakai septic tank limbah komunal," paparnya.

Menurut dia, PD-PAL terus berupaya untuk membuka jaringan ke pemukiman warga, sebab pelanggan PD-PAL hanya sekian persen saja dari jumlah pelanggan Perusahaan daerah air Minum (PDAM).

Dia mengakui, sangat sulit untuk menyadarkan masyarakat akan pentingnya mengelola limbah rumah tangganya dan BAB untuk kelestarian lingkungan, yakni, air dan tanah dari limbah.

"Tapi kita terus berupaya semaksimal mungkin, apalagi sudah mendapat bantuan mobil truk canggih pembersih ini, tentunya menjadi motivasi untuk terus memperluas jangkauan layanan," pungkasnya.

Pewarta: Sukarli

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2017