Banjarmasin, (Antaranews Kalsel) - Kapolda Kalsel Brigjen Pol Rachmat Mulyana memastikan seluruh jajarannya untuk siap jika instansinya berganti status menjadi Polda Tipe A. 

"Saya pastikan kami siap kapan pun jika Mabes Polri resmi memutuskan Polda Kalsel menjadi Tipe A," kata Kapolda di Banjarmasin, Rabu.

Hal itu dikatakan Kapolda menyusul statmen Kapolri Jenderal Tito Karnavian yang menyatakan Polda Kalsel segera naik tipe dari B menjadi A.

Selain Polda Kalsel, Polda Jambi dan Polda Nusa Tenggara Barat juga dipastikan Kapolri akan menjadi Tipe A dalam waktu dekat.

Polri bahkan akan membentuk juga Polda baru, yaitu Polda Kalimantan Utara (Kaltara) tahun ini.

Kapolda Rachmat pun mengaku optimis, karena segala persyaratan bisa dipenuhi untuk naik ke Tipe A. Baik dari segi administrasi maupun kelengkapan lainnya yang disyaratkan Mabes Polri.

"Saya meminta doa dan dukungan seluruh jajaran dan juga masyarakat Kalimantan Selatan agar Polda Kalsel menjadi Tipe A terwujud secepatnya," ujar Rachmat.

Terus dikatakannya, jika nantinya Polda Kalsel naik menjadi Tipe A, maka jabatan Kapolda pun akan dipegang jenderal bintang dua alias Inspektur Jenderal (Irjen). Sedangkan Wakapolda dijabat perwira tinggi bintang satu atau Brigadir Jenderal (Brigjen).

Disinggung apakah dia yang akan naik menjadi bintang dua untuk menjabat Kapolda Kalsel Tipe A, Rachmat hanya memohon doa restu dan siap memegang amanah yang diberikan pimpinan di mana pun bertugas. 

Pewarta: Gunawan Wibisono

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2017