Pelaihari, (Antaranews Kalsel) -  Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS)  Ketenagakerjaan Cabang Banjarmasin bekerjasama dengan Pemerintah Desa Pandansari dan  Bank BNI mencanangkan Desa Pandansari menjadi Desa Sadar Jaminan Sosial Ketenagakerjaan (JSK) pertama di Kalimantan.


Dalam acara pencanangan dan sosialisasi Gerakan Sadar Jaminan Sosial Ketenagakerjaan tersebut dihadiri Camat Kintap Sutarno, Kepala Kantor Cabang Bank BNI Banjarbaru Taufik Hidayat dan  BPJS Ketenagakerjaan Cabang Banjarmasin diwakili Kepala Kantor Cabang Perintis Tanah Laut  Ikmalsyah Sedar.

Pada rangkaian itu juga diserahkan  secara simbolis sertifikat dan kartu peserta kepada apartur Desa Pandansari.

Kepala Kantor Cabang perintis BPJS Tanah Laut Ikmalsyah Sedar mengatakan, gerakan desa sadar jaminan sosial tersebut  bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya perlindungan jaminan sosial ketenagakerjaan.

Dengan dicanangkannnya Desa Pandansari menjadi desa sadar jaminan sosial ketenagakerjaan pertama di Kalsel, sebut dia,  maka diharapakan dapat memfasilitasi dan  mampu mengajak serta mendorong masyarakat pekerja di Desa Pandansari untuk masuk menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan.

Selain itu, sebut dia, dapat menjadi contoh untuk desa-desa yang lainnya di Kalsel dan Kabupaten Tanah Laut khususnya.

Langkah ke depan,  ungkap dia, Desa Pandansari melalui BUMDes  bisa menerima pendaftaran dan pembayaran iuran BPJS Ketenagakerjaan melalui Bank BNI.

"Inovasi ini dilakukan untuk memudahkan layanan bagi peserta dan calon peserta BPJS Ketenagakerjaan yang akan mendaftar dan membayar iuran BPJS Ketenagakerjaan,  sehingga tidak perlu lagi pergi ke Bank ataupun ATM," terangnya.



Pewarta: Arianto

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2017