Amuntai, (Antaranews.Kalsel) -Pelaksana tugas Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kabupaten Hulu Sungai Utara Kalimantan Selatan Anisah 


Rasyidah Wahid mengatakan akan semakin banyak masyarakat di desa terpencil yang akan terangkat kesejahteraannya melalui pencanangan kampung KB.

"Setiap kecamatan dipilih satu desa yang akan menjadi kampung KB yakni desa terpencil dimana berbagai sektor pembangunan masih cukup rendah, sehingga berbagai program pembangunan akan mengarah ke sana," ujar Anisah di Amuntai, Rabu.

Anisah mengatakan, dikampung KB akan dibentuk UPPKS yang akan membantu peningkatan perekonomian keluarga, pelaksanaan Program Tribina seperti Bina Keluarga Remaja (BKR), Bina Keluarga Balita (BKB) dan Bina Keluarga Lansia (BKL).

Melalui Tribina ini, katanya, sosialisasi dan penyuluhan lebih intensif dilakukan, bahkan melalui BKL para lansia dibantu agar bisa memiliki penghasilan sendiri di usia senja mereka.

Sejumlah SKPD juga akan melaksanakan program dan kegiatan di kampung KB untuk membenahi berbagai aspek pembangunan yang masih tertinggal dibanding desa lainnya.

Mencanangkan kampung KB di Desa Telaga Mas di Kecamatan Danau Panggang, Anisah menerangkan sebanyak 10 kampung KB akan dicanangkan di 10 kecamatan. Setiap kecamatan dipilih satu desa yang akan dicanangkan menjadi kampung KB.

"Jadi desa yang dipilih menjadi kampung KB biasanya masih rendah pula pelaksanaan program KB nya, sehingga berdampak pada persoalan kependudukan dan kesejahteraan penduduknya," katanya.

Pewarta: Eddy Abdillah

Editor : Eddy Abdillah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2017