Paringin (Antaranews Kalsel) - Dewan Adat Dayak (DAD) Kabupaten Balangan, Kalimantan Selatan, mendorong pemuda dan pemudi Dayak bisa melanjutkan pendidikan ke jenjang perguruan tinggi.


"Kami berharap ke depan lebih banyak masyarakat adat Dayak yang mencecap pendidikan di perguruan tinggi," kata Ketua DAD Balangan Mandan di Paringin, Selasa.

Untuk itu, kata di DAD Balangan akan memberikan dukungan kepada para warganya yang ingin melanjutkan pendidikan hingga perguruan tinggi sebagai upaya meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) masyarakat adat Dayak.

Melalui pendidikan, tambah dia, generasi muda Dayak bertambah luas wawasannya dan memiliki ilmu pengetahuan yang tinggi sehingga mampu melestarikan adat dan budaya leluhur.

"Memang sudah banyak masyarakat adat Dayak di Kecamatan Halong ini yang memiliki titel sarjana, namun kami berharap lebih banyak lagi para pemuda yang mencecap pendidikan hingga ke perguruan tinggi," tuturnya.

DAD Balangan membantu empat orang pemuda yang berasal pedalaman Meratus di Dusun Mamigang, anak Desa Uren, kemudian Dusun Hampang, Kurihai dan Ruwuk yang merupakan anak Desa Binuang Santang, Kecamatan Halong, untuk melanjutkan pendidikannya.

Keempat anak tersebut merupakan anak-anak Pegunungan Meratus yang harus rela berjalan tiga jam untuk sampai ke desa induk. Kemudian dari desa induk harus memakan waktu ber jam-jam pula untuk sampai ke Kecamatan Halong, menggunakan kendaraan bermotor.

"Demi mendukung program pemerintah daerah, sekaligus demi meningkatkan SDM masyarakat, kami turut mendukung upaya mereka dan membantu memfasilitasinya. Kami harapkan ke depan hal tersebut akan berimplikasi pada peningkatan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat Meratus itu sendiri," imbuhnya.

Keempat anak tersebut akan kuliah di Sekolah Tinggi Agama Buddha di Jakarta dengan beasiswa penuh dari kampus, sementara pihak DAD memberikan bantuan untuk keberangkatannya.


Pewarta: Roly Supriadi

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2017