Kandangan (Antaranews Kalsel) - Sebanyak 1.154 Keluarga Penerima Manfaat (PKM) di Kecamatan Daha Selatan, Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS), menerima penyaluran bantuan sosial nontunai Program Keluarga Harapan (PKH).

Kepala Dinas Sosial (Dinsos) HSS, Hj ST Erma, di Negara, Senin (28/8), mengatakan, jumlah dana per keluarga Rp1.890.000 disalurkan melalui Bank BRI Kandangan dengan dua tahap, tahap pertama diserahkan Rp1 Juta dan sisa akan kembali diserahkan di tahap ketiga.

"Penyerahan secara simbolis oleh Bupati HSS, H Achmad Fikry, dilanjutkan penyerahan Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS), serta penandatanganan Nota Kesepahaman upaya pencegahan perkawinan usia anak se Kecamatan Daha Selatan,"katanya.

Bupati HSS, H Achmad Fikry, mengatakan, agar PKM memanfaatkan bantuan PKH sebaik-baiknya, utamanya untuk pendidikan anak, sehingga tidak ada lagi anak yang putus sekolah karena tidak ada biaya, saat memberikan sambutan di di Gedung Serbaguna Dr. M Safi'i, Negara, Kecamatan Daha Selatan, Rabu (28/8).

"Kita menginginkan anak-anak kita dapat bersekolah dan jangan menikah dini, aturannya sekarang baru bisa nikah umur 18 tahun ke atas, ini untuk kesiapan dan kematangan berkeluarga dan mencegah kematian ibu melahirkan karena menikah dini,"katanya.

Ia mengingatkan,  lebih baik menunda pernikahan demi masa depan yang lebih baik, dengan terus melanjutkan pendidikan anak, agar bisa melanjutkan ke tingkat menengah baik di SMA, SMK ataupun Madrasah Aliyah, karena peruntukan dana PKH memang untuk keperluan sekolah anak.

Ditambahkan dia, Pemerintah telah memberikan berbagai macam bantuan, dengan tujuan memberikan perlindungan dan mensejahterakan masyarakat yang belum beruntung, khusus di Daha Selatan penerima terbanyak  karena memang jumlah penduduk padat dan berdasakan hasil pendataan dan penelitian yang telah dilaksanakan di lapangan.

Turut hadir dalam kegiatan ini, Kepala Dinas Pendidikan HSS Nordiansyah, , Kepala Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Permukiman Dan Lingkungan Hidup H MK. Saputra, Kepala Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Hj Is Susilastuti, Camat Daha Selatan H. Ahmad Sapuan, dan undangan lainnya.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Fathurrahman


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2017