Tanjung,  (Antaranews Kalsel) - Persediaan sapi untuk Hari Raya Kurban 2017 di Kabupaten Tabalong, Kalimantan Selatan mencukupi, kata seorang pejabat daerah itu.

Kebutuhan sapi kurban tahun 2016 sekitar 552 ekor, kambing mencapai 1.002 ekor sedangkan stok tahun ini sebanyak 530 ekor sapi, kata Kepala Seksi Kesehatan Masyrakat Pengolahan dan Pemasaran Hasil Peternakan, Dinas Pertanian Tabalong Suwandi di Tanjung, Selasa.

Persediaan sapi tersebar di Kelurahan Hikun, Desa Mahe 150 ekor, Pasar Jaro 130 ekor, para pedagang sekitar 50 ekor, peternak sapi di Kecamatan Banua Lawas sebanyak 30 ekor.

Sedangkan populasi sapi di Kabupaten Tabalong mencapai 3.000 ekor.

Sementara itu pemeriksaan terhadap sapi yang layak kurban juga telah dilakukan oleh tim dari Dinas Pertanian dan akan membentuk panitia hewan kurban untuk melakukan pendataan sekaligus pengawasan.

"Kami menghimbau agar masyarakat bisa membeli sapi yang benar-benar layak sebagai hewan kurban diantaranya penampilan sapi yang sehat dan sempurna serta kejernihan matanya," jelas Suwandi.

Harga sapi kurban sendiri saat ini berkisar Rp13 juta hingga Rp50 juta per ekor sedangkan harga daging sapi mencapai Rp170 ribu per kilogeramnya.


Pewarta: Herlina Lasmianti

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2017