Amuntai, (Antaranews.Kalsel) - Pengurus Cabang Persatuan catur seluruh Indonesia (PC Percasi) Kabupaten Hulu Sungai Utara Kalimantan Selatan mendatangkan Master Internasional catur untuk melatih atlet catur junior yang akan berlaga di ajang Pekan Olahraga Provinsi 2017.


Ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) H Barkati memuji langkah yang diambil pengurus PC Percasi ini karena cabang catur menjadi andalan kontingen Porprov HSU untuk mendulang banyak medali.

"Kita mendatangkan pelatih catur nasional yang sudah berpengalaman ditingkat internasional karena target kita tidak hanya Porprov melainkan agar atlet catur Hulu Sungai Utara siap mengikuti ajang kejuaraan nasional dan Internasional," ujar Barkati.

Barkati mengatakan, KONI HSU siap membantu setiap atlet mengikuti berbagai event kejuaraan untuk meningkatkan prestasi atlet, atau pun mengirim atlet pelatihan keluar daerah.

Ia menambahkan, bagi cabang olahraga yang banyak atletnya cukup dengan mendatangkan pelatih bertaraf lokal maupun nasional guna menghemat biaya.

Dikatakan, jika sekarang ini beberapa atlet masih mengikuti pelatihan di luar daerah diantaranya atlet tenis meja dan sepeda.

Ketua KONI berharap para atlet tidak takut bermimpi tinggi, meski mereka tinggal dipelosok jauh dari kota besar, namun bisa berprestasi ketingkat nasional. Ia berharap prestasi dua atlet catur junior yang pernah berlaga ditingkat internasional yakni Gayana dan Rizky bisa memotivasi para atlet catur lainnya.

"Memang target jangka pendek kita adalah Porprov, namun pembinaan semua cabang olahraga tentu dipersiapkan untuk agar bisa berprestasi hingga ketingkat Internasional," kata Barkati.

Seperti pada persiapan Atlet Catur Junior pihaknya mendatangkan Master Internasional Irwanto Sadikin yang pernah meraih medali diajang Sea Games dan Olimpiade.

Irwanto akan melatih 10 atlet catur junior HSU selama dua bulan kedepan di Pusat Pelatihan Daerah (Puslatda) di Jalan H Ali Gang Quba Rt 3 no 30 Desa Sungai Karias.

Rumah kediaman pelatih sekaligus atlet catur senior HSU Akhmad Raihan Hasa ini memang sudah lama menjadi tempat pelatihan atlet catur HSU, oleh pihak PC Percasi kediaman Raihan ini resmi menjadi Puslatda atlet catur guna menghadapi Porprov X di Tabalong Oktober nanti.

Raihan mengatakan, para atlet catur junior mengikuti pelatihan selama 6 jam setiap hari selama 40 hari. Pelatihan dibuka resmi oleh Ketua KONI HSU dengan disaksikan Ketua harian PC Percasi Akhmad Khairinoor, pelatih nasional Raihan Hasa dan Irwandi Sadikin.

"Selepas ajang Porprov, Pusat pelatihan catur dikediaman saya ini akan membuka sekolah catur bagi generasi muda di HSU yang berminat menjadi atlet catur," terang Raihan.

Pewarta: Eddy Abdillah

Editor : Eddy Abdillah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2017