Barabai, (AntaraNews Kalsel) -  Meski diguyur hujan begitu lebat dari awal sampai akhir upacara peringatan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia ke-72 di Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST) tetap khidmat.

Bertempat di Taman Dwi Warna Barabai Kamis  ratusan peserta apel yang terdiri dari para Veteran, TNI Polri, ASN, Pelajar dan Ormas itu tetap bertahan dengan antusias dan semangat  mengikuti rangkain acara dengan Pembina Wakil Bupati HST H A Chairansyah.

Menurut Plt Sekda H A Tamzil sebelum acara puncak peserta apel dihibur dengan penampilan atraksi PBB dari para polisi cilik SD di Barabai dan treatikal merebut kemerdekaan oleh para siswa di tingkat SMA dan masyarakat.

"Dengan semangat kemerdekaan alhamdulillah walaupun diguyur hujan yang begitu deras rangkaian acara peringatan HUT RI khususnya penaikan bendera berjalan dengan sukses dan lancar serta peserta apelpun tetap bertahan dengan antusias," katanya.

Tadi malam menurutnya juga dilakukan sholat hajat berjamaah bersama para habaib dan ulama se-HST dalam rangka mensyukuri nikmat kemerdekaan serta pada jam 12 malamnya juga di adakan apel kehormatan renungan suci di Taman kubur Pahlawan di Batu Benawa.

"Hari ini tadi setelah apel rombongan Muspida beserta Bupati dan Wakil bupati HST langsung mendatangi Rumah Tahanan Barabai guna memberikan Remisi kepada para tahanan," katanya.

Sekda menjelaskan setelah itu dilanjutkan dengan ramah tamah dengan segenap komponen masyarakat HST termasuk kalangan veteran pejuang kemerdekaan yang hanya tinggal beberapa orang saja lagi.

"Sore hari sebelum Upacara Penurunan Bendera Merah putih diadakan kegiatan Murojaah 171717 atau do’a  bersama untuk Indonesia yang lebih kasih sayang dan damai yang diisi dengan pembacaan ayat suci Al-Quran di Masjid Shulaha Barabai dari pukul 17.00 Wita hingga pukul 18.00 Wita," katanya.

Pewarta: Muhammad Taufik Rahman

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2017