Marabahan, (Antaranews Kalsel) - Berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, Upacara Bendera dalam rangka Memperingati HUT ke-72 Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) di Barito Kuala, Kalimantan Selatam  dihiasi persembahan Sosiodrama Pahlawan, Kamis (17/8).

Sosiodrama digelar pelajar SMKN 1 Marabahan di halaman Kantor Bupati Batola itu menceritakan tentang perjuangan pahlawan di Marabahan dalam merebut kemerdekaan dari tangan penjajah Belanda.

Usai persembahan kolosal tersebut dilanjutkan pelaksanaan Upacara Peringatan Detik-detik Proklamasi RI ke-72 Republik Indonesia (RI).

Bertindak selaku Inspektur Upacara Bupati H Hasanuddin Murad, Perwira Upacara Kompol Riyanto dan Komandan Upacara Iptu Prastya Yana Siisesa Supriyanto.

Peringatan Detik-Detik Proklamasi 17 Agustus tahun 2017 diikuti pasukan Kodim 1005 Marabahan, Polres Batola, Kehakiman, Dishub, Satpol PP, Linmas, Korpri, dan para pelajar SD, SLTP, dan SLTA sederajat itu berlangsung tertib.

Langkah tegap dan keseragaman gerak pasukan Paskibra membuat kagum mereka yang menyaksikan saat itu.

Lebih-lebih ketika sang merah putih dikibarkan dengan diiringi lagu Indonesia Raya menambah suasana semakin menyatu.

Upacara HUT ke-72 RI di Batola ini juga dihiasi persembahan lagu-lagu perjuangan dari pelajar SMAN 1 Marabahan, SMKN 1 Marabahan dan MAN 1 Marabahan yang tergabung dalam Paduan Suara Pelajar Ijejela Marabahan.

Usai upacara Bupati Hasanuddin Murad melaksanakan pemberian remisi kepada 122 Napi Rutan Kelas IIB Marabahan yang terdiri 114 mendapatkan pengurangan hukuman, dan 8 orang langsung bebas.

Pemberian remisi yang dilakukan secara simbolis kepada dua orang napi itu ditandai pencopotan pakaian tahanan serta penyerahan SK dari Kemenkum HAM oleh Hasanuddin Murad.

Usai upacara dilanjutkan ziarah ke Taman Makam Pahlawan (TMP) 5 Desember Marabahan yang diikuti seluruh pejabat dan pasukan.

Bertindak selaku Inspektur pada Upacara Ziarah tersebut  Kapolres Batola AKBP Syahril Saharda.
 
Upacara Ziarah berisi peletakan karangan bunga dan tabur bunga di atas makam para pahlawan dimulai Bupati H Hasanuddin Murad, Wakil Bupati H Ma’mun Kaderi, Pimpinan DPRD, dan para Forkopinda masing-masing beserta isteri.

Pewarta: Arianto

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2017