Martapura, (Antaranews Kalsel) - Kepala Kepolisian Resor Banjar, Kalimantan Selatan, AKBP Takdir Mattanete berupaya membangkitkan semangat cinta tanah air seluruh tahanan yang menghuni rumah tahanan markas kepolisian setempat.

"Kami mengajak mereka menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya untuk menanamkan rasa cinta tanah air di hati mereka," ujar kapolres di Martapura, Rabu usai mengunjungi ruang tahanan.

Menurut kapolres didampingi Wakil Kapolres Kompol Ajie Lukman Hidayat, pihaknya sengaja mendatangi ruang tahanan di samping kiri mapolres yang dihuni 83 orang.

Dijelaskan, tujuan kedatangan dalam rangka memeriahkan HUT RI ke-72 bersama tahanan yang tidak bisa ikut merayakan kemerdekaan di alam bebas karena tengah menjalani hukuman.

"Kami bersyukur dan bangga karena mereka memiliki rasa cinta tanah air yang tinggi, terbukti saat menyanyikan lagi kebangsaan ada yang meneteskan air mata," ungkapnya.

Ditekankan, meski pun kebebasan mereka terbatas karena menjalani masa hukuman tetapi bukan berarti tidak bisa menikmati kemeriahan HUT RI yang diperingati setiap tanggal 17 Agustus.

"Melalui kegiatan positif ini, kami ajarkan mereka cara memupuk rasa kebersamaan, saling menghormati dan menghargai sesama tahanan baik warga binaan dan masyarakat," ucapnya.

Salah seorang tahanan yang penuh hikmat bernyanyi Rusli mengatakan, dirinya sangat terharu ketika mendengar lagu Indonesia Raya yang dinyanyikan Kapolres Banjar di depan ruang tahanan.

"Saya sangat terharu dan bangga hingga rasanya jiwa nasionalisme yang sempat hilang kini muncul kembali," ujar tahanan yang terjerat kasus narkoba ini dengan mata berkaca-kaca.

Sementara itu, usai menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya, tahanan dihibur dengan berbagai perlombaan seperti makan kerupuk dan memasukkan pensil dalam botol.

Kunjungan kapolres juga didampingi sejumlah perwira yakni Kabag Operasi�

Kompol Puryanto, Kasat Intelkam AKP Teguh S, Kapolsek Simpang Empat AKP Wahyu IJ dan Kasat Tahti Ipda Samud.

Selain itu, juga Ketua Bhayangkari Cabang Banjar Misly Takdir Mattanete dan Wakil Ketua Fira Ajie Lukman Hidayat beserta pengurus Bhayangkari sehingga suasana semakin meriah.

Pewarta: Yose Rizal

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2017