Marabahan, (Antaranews Kalsel) - Pemerintah Kabupaten Barito Kuala, kembali melaksanakan kegiatan Jumat Bersih berpusat di Kelurahan Marabahan Kota, Jumat (11/8).


Gerakan Jumat Bersih tersebut diikuti para Kepala Satuan Organisasi Perangkat Daerah dan para Aparatur Sipil Negara lingkup Pemerintah Kabupaten Batola juga diikuti Forum Komunitas Hijau dan para pelajar dari SLTP dan SLTA di Marabahan Kota.

Kegiatan ini diawali dengan senam bersama yang  rutin dilaksanakan setiap pagi Jumat di Kantor Pemkab Batola dan dilanjutkan pembagian tas ramah lingkungan sebagai pengganti plastik kresek, serta bakul dan sapu lidi.

Pelaksanaan kegiatan itu ditandai dengan pengibaran bendera pelepasan rombongan oleh Wakil Bupati Batola H Ma’mun Kaderi.

Adapun rute dilalui oleh rombongan dimulai dari halaman Kantor Pemkab Batola, menuju Terminal Marabahan lanjut Jalan Veteran hingga ke Pasar Wangkang,  Pasar Marabahan dan diakhiri kembali di halaman Kantor Pemkab Batola.

Para peserta kegiatan melakukan pemungutan sampah dirute dilaluinya dan  membagikan selebaran himbauan kepada masyarakat agar bersama-sama menjaga kebersihan dan keindahan lingkungan bersama.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Batola Fahriana mengatakan, gerakan tersebut dalam upaya   menggerakan pelajar peduli lingkungan.

“Kita mulai dari sejak anak-anak untuk menanamkan kesadaran peduli terhadap lingkungan, jadi yang bergerak hari ini lebih banyak kepada pelajar,” terangnya.

Selain itu, jelas dia, kegiatan tersebut dalam rangka memperingati hari lingkungan hidup yang sempat tertunda karena peringatannya bertempatan pada saat  bulan suci Ramadhan.

“Kegiatannya baru bisa  kita laksanakan  pada hari ini melalui gerakan kebersihan hari ini,” terangnya.

Kemudian, terang dia, kegiatan tersebut merupakan rangkaian Hari Proklamasi Kemerdekaan ke-72 Republik Indonesia dan menyambut  penghargaan Piala Adipura.

Dia berharap, kegiatan tersebut dapat meningkatkan  kepedulian masyarakat dalam perubahan dalam pola pikir maupun pola hidup.

“Dalam kegiatan ini kita bagikan plang-plang himbauan dan kita lakukan bersih-bersih supaya memberikan contoh kepada masyarakat  agar  peduli terhadap lingkungan,” demikian tandasnya.


Pewarta: Arianto

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2017