Marabahan, (Antaranews Kalsel) - Perjalanan (touring) Gubernur Kalimantan Selatan H Sahbirin Noor dan rombongan ke wilayah Barito Kuala membawa kesan positif, bahkan mendapat sambutan antusias dari masyarakat.

Itu setidaknya tergambar ketika gubernur yang akrap disapa Paman Birin tersebut berada di Desa Ulu Benteng Kecamatan Marabahan, Sabtu (12/08) sore.

Saat gubernur tiba di rumah Amah Diah salah satu warga setempat langsung diserbu warga. Mereka secara spontanitas berebutan bersalaman-salaman dan ber-selfie ria.

Kehadiran Gubernur Kalsel di Desa Ulu Benteng tersebut  dalam rangkaian touring ke berbagai desa di seluruh wilayah Kalsel.

Touring bertajuk “Menembus Batas Turun ke Desa” itu merupakan yang ketiga karena sebelumnya juga dilakukan di berbagai wilayah seperti Kotabaru, Tanah Bumbu, Tanah Laut, Tabalong, HSS, Banjar dan lainnya.   

Kehadiran gubernur di Desa Ulu Benteng juga disambut Bupati Batola H Hasanuddin Murad, Wakil Bupati Batola Terpilih periode 2017-2022 yang juga Ketua DPD Golkar Rahmadian Noor, Kepala Dinsos Fuad Syekh, dan lainnya.

Kepada warga Gubernur Sahbirin Noor mengatakan, touring dilakukan selain untuk bersilaturahmi juga untuk menyaksikan langsung keberadaan masyarakat desa menjelang pelaksanaan HUT Kemerdekaan ke-72 RI serta HUT ke-67 Provinsi Kalsel.

Saat melewati berbagai wilayah Batola, gubernur mengaku bangga dan bahagia menyaksikan kesemarakan masyarakat dalam menyambut peringatan Hari Kemerdekaan ke-72 RI.

“Ulun lihat bendera berkibar di sana-sini. Rasanya hati senang sekali menyaksikannya. Ini bukti masyarakat di sini menyukuri kemerdekaan dan mencintai para pejuangnya,” tukas gubernur sembari mengaku yakin para pejuang juga pasti bangga menyaksikannya.

Sementara itu, secara terpisah menjawab pertanyaan wartawan gubernur mengatakan, perjalanan touring turun ke desa dilaksanakan juga dalam kaitan untuk menyaksikan keberadaan pembangunan dan infrastruktur.
Ia mengatakan, akan bersama-sama antara provinsi dan kabupaten serta pusat untuk saling dorong agar pembangunan bisa berjalan lebih cepat lagi.

Bupati H Hasanuddin Murad menilai perjalanan yang dilakukan sangat positif dan menunjukan bahwa gubernur sangat memasyarakat.

“Dengan begini mudah-mudahan beliau semakin dekat dengan masyarakat bawah serta lebih memahami terhadap aspirasi yang diharapkan,” katanya.

Touring Gubernur Kalsel ini diawali dari Desa Galam Rabah (Banjar) dilanjutkan ke Desa Tatah Alayung Kecamatan Mandastana (Batola), lanjut ke wilayah Batola lainnya yakni Desa Atasan Segera, Sampurna, Jejangkit Pasar, Sungai Pantai, Bantuil, dan Ulu Benteng.

Setelah itu, rombongan meneruskan perjalanan ke Desa Sumber Rahayu Kecamatan Wanaraya, Desa Karang Bunga dan Karang Indah Kecamatan Belawang, dilanjutkan ke Desa Puntik Dalam, Puntik Dalam, dan Puntik Luar Kecamatan Jejangkit.

Selanjutnya  rombongan juga meneruskan perjalan ke Desa Tabing Rimbah, Bangkit Baru, Tanipah, dan Sungai Ramania, dan Terantang Kecamatan Mandastana serta berakhir di Sungai Andai Banjarmasin.

Setiap persinggahan gubernur menyempatkan menyerahkan sejumlah sembako gratis kepada warga fakir miskin yang diserahkan secara simbolis.

Pewarta: Arianto

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2017