Kandangan, (Antaranews Kalsel) - Pemerintah Kecamatan Angkinang menggelar kegiatan Pengambilan Sumpah Jabatan dan Pelantikan Kepala Desa (Kades) Tawia, Jamaluddin yang telah memenangi (Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) di Desa Tawia, Kecamatan Angkinang, Kabupaten HSS.


Bupati HSS H Achmad Fikry, di Angkinang, Selasa (8/8), mengatakan, Jamaludin merupakan kades yang pertama kali dilantik dengan proses yang berbeda, karena pencalonannya berdasarkan Putusan Mahkamah Konstitusi (MK) yang membolehkan calon kades dari di luar desa setempat.

"Untuk kedepannya yang bersangkutan harus tinggal di desa Tawia, karena sebagian besar masyarakat Tawia menghendaki untuk bisa memimpin Desa Tawia dalam Pilkades lalu,"katanya.

Menurut dia, Kades yang dilantik hendaknya bisa mengayomi semua warganya, tidak ada sekat sesudah Pilkades dalam memberikan layanan terhadap masyarakat, dan jabatan kades melekat tugasnya 1 x 24 jam, saat memberikan sambutan dalam pelantikan Kades Tawia di Halaman Kantor Kecamatan Angkinang, Selasa (8/8) pagi.

Ia mengharapkan agar kades dapat menjadi pemimpin yang menjadi contoh dan tauladan di tengah masyarakat, utamanya dalam bersama-sama melaksanakan program pembangunan seperti bidang keagamaan, mengajak masyarakat untuk shalat subuh berjamaah.

Keterpaduan Pemerintah Kabupaten dan Desa, menurut dia sangat penting agar pembangunan infrastruktur yang bisa dianggarkan dari Dana Desa dapat dilaksanakan sementara proyek dalam skala besar menjadi tanggung jawab Pemerintah Kabupaten.

"Kegiatan pembangunan  infastruktur di desa dengan pola gotong akan lebih baik dari segi kualitas dan membina kebersamaan, ketimbang dilakukan pihak ketiga, gotong royong menumbuhkan rasa tanggung jawab karena nantinya hasil pembangunan untuk dinikmati masyarakat juga,"katanya.

Selain pelantikan kades, dalam kegiatan ini juga dilantik Ketua TP PKK Desa Tawia, Nurhasanah Jamaluddin, turut hadir Ketua TP.PKK Kabupaten HSS Hj. Isnaniyah Achmad Fikry, Ketua DPRD HSS Syamsuri Arsyad, para Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD), para kepala desa, tokoh masyarakat dan undangan.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Fathurrahman


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2017