Kandangan, (Antaranews Kalsel) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Hulu Sungai Selatan (HSS) menggelar pawai penyambutan tropi Adipura Buana yang diarak keliling kota.

Pawai arak-arakan tropi tersebut mendapatkan sambutan antusias warga yang ikut menyemarakkan pawai dengan memadati ruas jalan yang dilalui.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) HSS, Hendro Martono, di Kandangan, Jum'at (4/8), mengatakan, pawai dimulai dari Tugu Ketupat Hamalau Kandangan, melalui beberapa ruas jalan kota Kandangan.

"Penghargaan yang didapat bukan saja trophi Adipura, tetapi yang sangat membanggakan dua sekolah di HSS juga  mendapatkan penghargaan Sekolah Adiwiyata Mandiri, yakni SMAN 1 Kandangan dan MTsN 1 HSS (MTsN Amawang),"katanya.

Pawai berakhir di Pendopo Kabupaten dilanjutkan dengan acara penyambutan tropi Adipura yang langsung diserahkan oleh Bupati HSS H Achmad Fikry kepada Ketua DPRD HSS Syamsuri Arsyad.

Penyerahan tersebut sebagai simbol bahwa Adipura adalah merupakan milik seluruh masyarakat Bumi Antaludin.

Ketua DPRD HSS, Syamsuri Arsyad saat memberikan sambutan pada penyambutan tropi Adipura di Halaman Pendopo Kabupaten, mengatakan pihaknya mengetahui secara persis bagaimana proses sehingga mendapatkan penghargaan Adipura ini.

"Kami selalu mengikuti perkembangan baik dalam kegiatan tekhnis maupun di lapangan, semoga ini menjadi keberkahan dan kebaikan bagi kita semua," katanya.

Bupati HSS Achmad Fikry, mengucapkan terimakasih kepada petugas kebersihan dan anak-anak SMAN 1 Kandangan dan MTsN 1 HSS (MTsN Amawang), sehingga HSS meraih dua penghargaan nasional bidanglingkungan.

"Penghargaan yang setinggi-tingginya kita ucapkan kepada petugas kebersihan, kita tidak boleh memandang sebelah mata kepada para pasukan kuning, karena merekalah yang selama ini menjadi pahlawan-pahlawan kebersihan di lingkungan sekitar kita," katanya.

Menurut dia, acara ini selain wujud kesyukuran atas penghargaan yang diraih,  tapi yang lebih penting bagaimana agar terus bisa mempertahankan dengan tetap menjaga lingkungan sehingga Kota Kandangan itu betul-betul menjadi kota yang sejuk, asri, indah dan bebas dari sampah.

Ia mengingatkan  untuk teruslah bekerja dan berkarya sesuai tugas dan fungsi masing-masing, bekerja tidak untuk mengejar penghargaan, tapi hanya ingin berikan pelayanan terbaik untuk masyarakat.

Kegiatan ini turut dihadiri, Wakil Bupati HSS H Ardiansyah, Sekretaris Daerah HM Ideham, perwakilan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) HSS, Ketua Mejelis Ulama KH Mochjar Dahri, para Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD), dan para petugas kebersihan.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Fathurrahman


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2017