Batulicin (Antaranews Kalsel) - Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan segera membangun perguruan tinggi politeknik industri yang akan dibiayai oleh Kementerian Perindustrian RI.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Tanah Bumbu Rahmadi di Batulicin, Selasa mengatakan Tanah Bumbu sudah menyiapkan lokasi seluas 50 hektare untuk pembangunan gedung politeknik industri Batulicin.

"Sebelumnya kami juga sudah mendapat kunjungan dari Kementerian Perindustrian RI terkait rencana pembangunan Politeknik Industri Batulicin untuk membahas persiapan dan kelengkapan administrasinya," katanya.

Lahan yang disiapkan untuk pembangunan sangat setrategis karena letaknya diantara dua Jalan Provinsi dan Jalan Negara. Selain itu kesiapan infrastruktur pendukung juga dinilai sudah memadai.

Langkah awal yang dilakukan pemerintah yakni membuat perencanaan fisik, pembuatan perencanaan kurikulum, perencanaan jumlah gedung dan kapasitas calon mahasiswa.

Selain itu pemerintah daerah juga melakukan persiapan lain seperti legalitas dan perizinan yang dimiliki oleh Perusahaam Daerah (Perusda) Batulicin Jaya Utama selaku Pengelola Kawasan Industri.

Dijelaskan, faktor utama tujuan untuk didirikannya politeknik industri adalah sebagai penopang tenaga kerja yang dibutuhkan oleh perusahaan-perusahaan yang beroperasi pada kawasan industri nantinya.

Politeknik Industri Batulicin rencananya akan di bangun oleh Kementerian Perindustrian pada 2018, saat ini sudah pada tahap kelengkapan berkas dan selanjutnya akan dilakukan lelang pembangunan.

Dengan terbangunnya politeknik Kabupaten Tanah Bumbu akan menjadi penghasil Sumber Daya Manusia (SDM) yang handal dan mampu bersaing di dunia pekerjaan.

"Politeknik Industri Batulicin ini rencananya akan menjadi politeknik terluas, dimana ITB hanya mempunyai luas lahan 27 ha sementara pemerintah daerah telah menyiapkan lahan seluas 50 ha untuk pendirian Politeknik Industri Batulicin," katanya.

Pewarta: Sujud Mariono

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2017