Balangan, (Antaranews Kalsel) - Bupati Balangan, Provinsi Kalimantan Selatan, direncanakan akan melepas langsung Calon Jamaah Haji (CJH) asal kabupaten berjuluk "Bumi Sanggam" tersebut, pada Senin (6/8) nanti.


Sebanyak 114 CJH asal Balangan tahun 2017 akan berangkat ke Tanah Suci dengan tiga kloter yakni kloter 6, 16 dan kloter 17. Untuk kloter 6 akan berangkat pada Senin (6/8). Sedangkan kloter 16 dan 17 pada tanggal 23-24 Agustus 2017.

Kasi Pemberangkatan Haji dan Umrah Kantor Kementerian Agama Balangan, Drs H Syamsuri Arsyad, Selasa (1/8) di Paringin mengungkapkan, dalam pemberangkatan nanti CJH berangkat dari Balangan akan dilepas oleh Bupati Balangan H Ansharuddin di halaman Masjid Al Akbar untuk menuju Asrama Haji di Banjarbaru. Dan pada Selasa (7/8) sekitar pukul 14.25 WIT akan berangkat menuju Jeddah dengan pesawat Garuda

"Kloter 6 sebanyak 103 CJH akan digabung dengan CJH dari kabupaten lain. Sedangkan kloter 16 sebanyak 9 CJH, Kloter 17 sebanyak 2 CJH," terangnya.

Dikatakan, jumlah total CJH sendiri kembali mengalami peningkatan dibandingkan pada tahun 2016 lalu yang hanya berjumlah 91 orang.

"Sebenarnya, tahun ini jumlah CJH Balangan sebanyak 115 orang, namun ada satu orang yang mengundurkan diri, mungkin karena faktor usia yang sudah mencapai 75 tahun," jelas Syamsuri.

Sebelumnya, sebanyak 114 calon jamaah haji asal Balangan mendapatkan buku kesehatan jamaah haji (BKJH) dari Dinas Kesehatan Balangan. Buku itu berisikan riwayat kesehatan jamaah haji.

Calon jamaah haji juga telah mendapatkan vaksinasi meningitis dan influenza. Vaksin itu diberikan untuk mencegah calon jamaah haji terjangkit meningitis dan influenza selama menjalankan ibadah haji di Tanah Suci, Mekkah, Arab Saudi. 

Pewarta: Roly Supriadi

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2017