Banjarmasin (Antaranews Kalsel)- Kapolres Hulu Sungai Utara, Kalimantan Selatan, AKBP Agus Sudaryatno memimpin langsung tim patroli kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Kecamatan Banjang.


"Sekarang sudah memasuki musim kemarau. Meski masih terjadi hujan, namun kita semua wajib tetap waspada terhadap potensi terbakarnya lahan sewaktu-waktu," katanya, Rabu.

Didampingi Kasat Sabhara, Kasat Narkoba, KBO Sabhara, Kapolsek Banjang dan gabungan anggota Polsek Banjang, serta anggota Sabhara Polres HSU, Kapolres melaksanakan patroli Karhutla ke area perkebunan kelapa sawit milik PT Persada Dinamika Lestari (PDL).

Kapolres dan pasukannya yang mengendarai kendaraan roda dua mengambil rute dari Desa Banjang kemudian melintasi Desa Pulau Damar dan Desa Pawalutan.

"Kami juga langsung melaksanakan rapat koordinasi dengan pimpinan PT PDL untuk menyamakan persepsi dalam rangka kesiapan sarana prasarana dan personel menghadapi ancaman Karhutla di wilayah Kecamatan Banjang," papar Kapolres.

Dari hasil pertemuan itu, sambung Kapolres, pihak perusahaan berkomitmen menjaga lingkungan agar tidak sampai terjadi karhutla.

Jika hal terburuk pun terjadi, perusahaan telah siap dengan segala sarana dan prasarana pemadaman api di area perkebunan kelapa sawit mereka atau pun lahan lain sekitar perusahaan.

"Kami ingatkan kepada seluruh lapisan masyarakat baik itu perorangan ataupun korporasi, jangan sampai dengan sengaja membakar lahan, karena jika terbukti melanggar siap-siap dijerat sanksi pidana yang berat," ujar Kapolres. 

Pewarta: Firman

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2017