Banjarmasin, (Antaranews Kalsel) - Peluncuran Pencanangan Tahun Keselamatan Untuk Kemanusiaan atau "Safety for Humanity" yang dilaksanakan Polda Kalsel pada Minggu (30/7) di Siring Menara Pandang Banjarmasin bakal dihadiri 495 undangan.

"Seluruh elemen masyarakat di Kalsel akan hadir, termasuk unsur pemerintah daerah, TNI, pelajar, mahasiswa hingga Ormas," kata Direktur Lalu Lintas Polda Kalsel Kombes Pol E Zulpan di Banjarmasin, Selasa.

Sedangkan dari internal Kepolisian, ungkap Zulpan, semuanya bakal lengkap berkumpul dari perwakilan 13 Polres, termasuk Kapolda Kalsel Brigjen Pol Rachmat Mulyana dan seluruh pejabat utama Polda Kalsel.

Zulpan juga mengatakan, launching serentak seluruh Indonesia itu bakal dilakukan melalui video conference tersambung dengan acara di Jakarta yang langsung dipimpin Kapolri Jenderal Tito Karnavian.

"Informasi terakhir yang kami terima, Bapak Wakil Presiden Jusuf Kalla yang akan hadir mewakili Presiden Joko Widodo karena Presiden ada agenda penting lain yang tak bisa diwakilkan," tutur Zulpan saat memimpin Rapat Persiapan dalam rangka Launching "Safety for Humanity" di Aula Bhayangkari Mathilda Batlayeri Polda Kalsel.

Khusus untuk kepala daerah, Zulpan juga meminta kehadirannya karena akan ada penyerahan penghargaan bagi bupati atau walikota yang daerahnya dinilai berhasil menekan angka kecelakaan.

Menurut Dirlantas, penghargaan tersebut dimaksudkan agar pemda juga turut bertanggung jawab dalam upaya mengajak masyarakatnya tertib di jalan raya, sehingga laka lantas dapat ditekan semaksimal mungkin.

"Makanya pesan moral dari `Safety for Humanity` ini adalah menekan angka kecelakaan bukan hanya tugas polisi tapi kita semua seluruh elemen masyarakat turut serta peduli terhadap keselamatan," tutur Dirlantas didampingi Seksi Publikasi Kompol Henry Novika Chandra. 

Pewarta: Firman

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2017