Rantau, (Antaranews Kalsel) - Dalam rangka Hari Anak Nasional, Ketua Tim Penggerak Pembinaan Kesejahteraan Keluarga Hj Ratna Ellyani Arifin Arpan mengingatkan akan masa depan anak-anak sebagai penerus bangsa tersebut.

"Anak-anak punya hak yang sudah diatur dalam undang-undang seperti hak dalam memperoleh pendidikan dan hak dalam perlindungan," ujarnya di Rantau beberapa waktu lalu.

Dikatakan Ratna, bahwa kita sebagai orang tua, harus bisa terus memantau masa pertumbuhan anak-anak, hal tersebut dikarenakan masa yang paling kritis dari aspek pertumbuhan adalah masa balita.

"Balita yang sehat merupakan cerminan generasi yang sehat, yaitu pentingnya petumbuhan dan perkembangan anak balita," ujarnya.

Ratna juga mengingatkan, agar sebagai orang tua bisa mendorong minat dan bakat anak-anak, misal selalu memberu dukungan dan semangat dengan apa yang dicita-citakannya.

"Biarkan anak-anak kita memilih apa yang mereka cita-cita sesuai hati nurani mereka, jangan kita malah menghalang-halangi atau memaksakan kearah yang lain," terangnya.

Iya juga mengingatkan akan pentingnya perlindungan pada anak dengan tidak lagi melakukan aksi kekerasan kepada anak, hal tersebut bisa berakibat kepada perkembangan anak kedepannya.

Dihari Anak Nasional, pemkab Tapin juga memeriahkannya dengan lomba balita sehat yang diikuti oleh 13 kecamatan dengan kategori umur 6 hingga 12 bulan, kategori 1 sampai 3 tahun, dan kategori 3 sampai 5 tahun.

Ketua pelaksana Kepala Dinas Kesehatan H Errani Martin mengatakan dilaksanakannya lomba ini untuk meningkatkan kesadaran ibu dalam pemantauan buah hati mereka.

"Agar menjadi pembelajaran bagi ibu-ibu akan pentingnya pertumbuhan balita," ujarnya.

Pewarta: M Husein Asyari

Editor : Muhammad Husien Asy'ari


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2017